Apa penyebab telat menstruasi 10 hari?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Saya wanita umur 20th. Awal haid 4juni.Selesai haid 9juni.Tgl 14juni kmrin HS dgn psgn saya.Krn kondom robek.Bsk nya saya mnum postinor2 lsg 2 tab.Setelah bbrpa hari muncul flek kurleb slma 3hr. Setelah itu normal.siklus haid 35hri. Seharusnya sudah haid tgl 9 juli. Sudah tes pack 2x di pagi hari pd hari3 dan ke 7 telat haid. saya jg ad riwayat tidak dtg bulan selama 4bln wkt umur 16 atau 17th.apakah telat haid skrg krn efek postinor? Adakah cr biar cpt haid kembli? Apa boleh konsumsi pil kb?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

 

Terlambat haid sering dialami oleh sebagian wanita. Siklus haid normal seharusnya terjadi pada rentang waktu 21-35 hari dengan siklus rata-rata kebanyakan wanita pada 28 hari. Periode haid sendiri terjadi pada 3-7 hari.

Terlambat haid biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi dibawah ini:

  1. Hormon tidak seimbang.
  2. Kondisi sedang stres dan kelelahan.
  3. Efek samping penggunaan kontrasepsi hormon.
  4. Berat badan tidak ideal.
  5. Penyakit kandungan seperti kista, endometriosis, mioma dan pcos.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami postinor merupakan jenis kontrasepsi darurat yang berisi sintesis hormon dosis tinggi untuk mencegah kehamilan maksimal 72 jam pasca melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Efek sampingnya sendiri dapat berupa perdarahan haid diluar siklus, mual, muntah, pusing, kram perut, dan siklus menstruasi dapat terganggu. 

Jadi kemungkinan yang terjadi pada diri Anda adalah memang karena efek samping penggunaan postinor tersebut. Namun jika sampai 3 bulan kedepan haid Anda masih tidak teratur juga sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan ya.

Untuk membantu agar haid Anda cepat teratur kembali adalah sebagai berikut:

  • Lakukan olahraga rutin, yoga dan meditasi sangat baik untuk membuat tubuh relaksasi.
  • Minum air putih minimal 2-3 liter/hari.
  • Makan banyak sayur dan buah.
  • Hindari kondisi stres.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
19 Jul 2020, 08:18
Untuk hasil test packnya 2x nya hasilnya negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Jul 2020, 22:46
Selamat malam,
Jika hasil testpack negatif 2x berarti bukan karena kehamilan. Jika rutin berhubungan seksual bisa minum pil KB secara rutin ya. Pil KB juga bisa membantu memperbaiki siklus menstruasi, selain itu perhatikan keseharianya agar mens bisa lebih lancar. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mayoritas wanita baru mengetahui mengidap fibroid rahim alias mioma secara tidak sengaja namun mioma dapat disembuhkan dengan obat maupun operasi

Mengidap Fibroid Rahim? Tenang, Begini Cara Menyembuhkan Fibroid Rahim!

Fibroid rahim alias mioma bisa disembuhkan dengan obat maupun operasi. Tumor jinak ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa gejala fibroid rahim, antara lain nyeri haid yang parah dan sakit perut.