Telat mens 1 minggu kemudian keluar, nyeri vagina disertai mual muntah dan buang air terus menerus

R Info Penanya: R, Wanita, 2019 Tahun
Selamat pagi dok,,,saya RH,usia 25 thn,,saya mau nanyak dok,,,kemarin saya uda telat seminggu dok,,,rupanya tdi pagi saya malah halangan dok,,dan keluhan saya dok,,setiap saya mau buang air kecil,,bagian vagina saya selalu sakit uda sebulan saya menahan kan nya dok,,terus asik mau buang air kecil terus dok,,dan terkadang pagi,siang,malam saya mual2 aja dok,,mau makan mual,,apa ya dok solusi nya,,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi RA

Kondisi yang kamu alami disebut sebagai Pelvic inflamatory disease atau penyakit radang panggul. Penyakit ini mencakup infeksi yang terjadi pada organ kelamin bagian luar hingga organ dalam panggul meliputi rahim dan indung telur. Penyakit ini sering disertai nyeri saat buang air kecil/ disuria, nyeri pada perut bagian bawah, nyeri disekitar vagina, pengeluaran flek/cairan vagina yang banyak, demam, lemas dan mual muntah.

Proses terjadinya penyakit ini akibat akumulasi kuman patogen disekitar organ intim yang naik melalui saluran vagina hingga ke organ panggul bagian dalam, paling sering terjadi pada wanita yang telah melakukan hubungan sexual, penggunaan kontrasepsi IUT dan pada beberapa kasus terkait dengan infeksi menular sexual.

Untuk tatalaksana biasanya bersifat suportif dan pemberian antibiotik. Saya sarankan anda untuk menjaga kebersihan vagina, mencuci bersih vagina dengan air bersih, hindari penggunaan sabun cebok karena dapat memicu pertumbuhan patogen jahat disekitar kemaluan dan hindari aktivitas sexual beresiko tanpa perlindungan. Untuk nyeri dapat diberikan obat golongan NSAID, mual dan muntah dapat diberikan obat golongan antasida atau PPI dan infeksi harus ditatalaksana dengan antibiotik atas indikasi dari dokter.

Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter Spesialis Obstetry dan ginekologi (SP.OG)

Salam sehat

dr.Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sifilis pada pria dapat ditandai dengan adanya luka yang tidak sakit

Benarkah Pria Lebih Rentan Terkena Sipilis? Ini Dia Penjelasannya

Sifilis adalah salah satu penyakit menular seksual yang tersebar lewat kontak seksual secara langsung dan 60% terjadi pada pria yang aktif berhubungan seksual. Bakteri penyebab sipilis bernama treponema pallidum.