12 Jan 2021, 11:00Kandungan

Telat jadwal pasang KB Implan apakah langsung bisa hamil?

EY
Info Penanya: EY0
Dok saya mau tanya, saya pada awal bulan feb 2018 pasang kb implan dan alhamdulillah cocok dan dilepas seharusnya tgl 08-01-2021 kemarin. Tapi sampai sekarang tgl 12-01-2021 saya belum sempet lepas dan belum di kb lagi sedangkan saya sdh berhubungan dgn suami. Apakah saya bisa hamil?
311 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam EYKB implan merupakan salah satu alat kontrasepsi yang menggunakan hormon progesteron sintetik (progestin) untuk mencegah kehamilan. Hormon ini mencegah pematangan dan pelepasan sel telur dan menebalkan produksi lendir pada leher rahim sehingga sel sperma sulit untuk masuk.

Telat Jadwal Pasang KB Implan Belum Tentu Langsung Hamil

KB implan memiliki jangka pemakaian yang cukup lama yakni hingga 3 tahun. Setelah 3 tahun hormon progestin akan berkurnag efektivitasnya untuk mencegah kehamilan. Namun efektivitasnya ini menurun secara perlahan-lahan dan lamanya efek bertahan pada tubuh berbeda-beda pada setiap orang.Tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan efek dari penggunaan KB implan bahkan ada yang hingga lebih dari 1 tahun. Salah satu tanda organ reproduksi kembali berfungsi adalah munculnya masa haid akibat sel telur yang gagal dibuahi yang kemuidan mati dan luruh bersama lapisan dinding rahim. Jadi anda tidak akan langsung bisa mengalami kehamilan dalam beberapa hari sejak tanggal implan KB di lepas. Tetapi haid juga bisa tidak terjadi akibat kemungkinan sel telur yang dilepas telah dibuahi terlebih dahulu.Bila masih ingin menunda kehamilan anda dapat segera melakukan pemasangan implan yang baru. Bila anda ingin mengubah metode kontrasepsi lainnya maka anda dapt berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan melalui chat.Namun tetap waspadai dan amati apabila adanya tanda-tanda kehamilan yang terjadi seperti kram perut, muncul flek kecoklatan tanda implantasi, mual muntah pagi hari, pusing, lemas, suhu tubuh meningkat, payudara nyeri dan nafsu makan menurun. Lakukan test pack untuk memastikan ada tidaknya kehamilan atau dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan secara langsung di klinik atau rumah sakit.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil