Telat KB tetapi berhubungan seksual dikeluarkan diluar

LV Info Penanya: LV
Halo dok saya mau tanya , saya kelar haid sekitar tgl 20juli dan KB tgl 23juli tetapi selesai haid tgl 21dan22 itu saya berhubungan intim apakah akan terjadi kehamilan ? Dan kebetulan saya KB nya telat yg harusnya 23juli jadi tgl 3agust ,, slama saya telat KB saya berhubungan dengan suami tetapi di keluarkan nya di luar/diatas perut saya,, dan apa itu akan terjadi kehamilan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LV,

KB yang digunakan jika menggunakan KB suntik dan sebelumnya rutin, bisa masih memiliki kekebalan dan juga perlu waktu untuk kembali subur jadi kemungkinan hamil bisa lebih kecil. Apabila saat ini menggunakan KB sudah rutin dan bukan pertama kali maka tidak apa. Kecuali jika baru pertama kali KB maka kemungkinan hamil bisa saja terjadi.

Apabila melakukan hubungan tetapi dikeluarkan diluar atau istilahnya coitur interuptus juga merupakan metode KB alamiah meskipun efektif tidaknya bisa bergantung beragam hal. Salah satunya adalah saat terjadi hubungan seksual atau melakukan penetrasi, bisa ada cairan preejakulasi yang bids mengandung sel sperma yang bisa membuat terjadinya kehamilan.

Untuk itu jika berikutnya kembali suntik Kb agar sesuai jadwal ya. Jika terlambat, bisa gunakan metode kontrasepsi tambahan seperti kondom agar tetap memberikan perlindungan dari kehamilan. Jika masih ingin menunda kehamilan sampai beberapa tahun kedepan, bisa juga menggunakan metode kontraspesi lain seperti:

Metode kontrasepsi ini bisa memberikan perlindungan sampai lebih dari 3 tahun dalam 1 kali pemasangan jadi tidak perlu takut lupa ataupun terlewat untuk suntik atau minum setiap hari seperti pil KB. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman dapat dilakukan menggunakan metode kontrasepsi

Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seks Tanpa Pengaman?

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman dapat dilakukan dengan menggunakan metode kontrasepsi. Apa saja pilihan alat kontrasepsinya?