Apakah bisa hamil jika telat melakukan KB suntik?

RK Info Penanya: RK, Wanita
Hallo dok, saya kan telat kb suntik selama 2 minggu dok nah selama itu saya sudah berhubungn sama suami saya dok tapi tidk di keluarin di dalam selalu di luar di keluarinnya (sperma) apakah saya bisa hamil juga dok?? Dan tidak berpengaruh kan dok kalo telat kb selama 2 minggu lalu saya kb suntik lagi 3 bulan di karnakn saya lupa jdi telat sampai 2 minggu itu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

KB suntik merupakan salah satu jenis KB yang banyak digunakan oleh wanita. KB ini berisi hormon progesteron. KB ini bekerja dengan cara mencegah lepasnya sel telur dari ovarium dan menebalkan lendir di sekitar leher rahim sehingga sperma tidak masuk. KB suntik diberikan selama lima hari pertama menstruasi dan bisa langsung bekerja secara efektif. Jika tidak dilakukan dalam  periode ini, maka butuh waktu tujuh hari agar alat ini bisa bekerja secara optimal untuk mencegah kehamilan.

KB suntik sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu dapat bertahan 8-13 minggu, tidak perlu menghitung masa subur, aman untuk ibu menyusui, mengurangi nyeri haid, dan tidak perlu minum pil setiap hari. Kekurangannya adalah haid menjadi tidak teratur, berat badan yang meningkat, perubahan mood yang cukup signifikan, tidak melindungi dari infeksi menular seksual, sakit kepala, payudara sakit, dan ketika KB suntik dihentikan, maka membutuhkan waktu yang agak lama untuk bisa hamil kembali. 

Dari keadaan Anda ini, kemungkinan tidak terjadi kehamilan pada diri Anda dengan alasan bahwa sperma yang dikeluarkan dibuang di luar vagina dan efek KB suntik biasanya masih bekerja (seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi mengenai kelebihan dan kekurangannya). Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir. Untuk kedepannya, usahakan agar tidak lupa untuk melakukan suntik KB dan gunakan kondom jika ingin aman dalam berhubungan seksual. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.