19 Dec 2020, 21:48Kandungan

Berhubungan intim pada hari jadwal suntik KB apakah bisa hamil ?

HW
Info Penanya: HW0
Dok, jadwal balik suntik saya tgl 16desember tapi tgl 16desember pagi saya berhubungan dengan suami malamnya baru saya suntik KB , apakah bisa hamil?
8575 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi HW,Suntik KB merupakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dengan efektivitas tinggi hingga 98% bila digunakan secara rutin sesuai jadwal. Terdapat 2 jenis suntik KB yakni suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan.  Suntik KB 1 bulan mengandung campuran hormon progestin sintetik dan estrogen, sedangkan suntik KB 3 bulan mengandung hormon progestin sintetik. Lama masa kerja mereka efektif mencegah kehamilan sesuai dengan namanya dan setelah penyuntikan butuh 7 hari untuk obat bisa bekerja secara optimal dalam tubuh untuk mencegah kehamilan. Jadwal suntik KB akan berbeda-beda tanggal setiap bulannya karena 1 bulan itu dihitung 28 hari.

Walaupun efektivitasnya tinggi, suntik Kb masih bisa terjadi kebobolan kehamilan yang disebabkan oleh :

  • Terlambat jadwal suntik KB
  • Melakukan hubungan intim tanpa pengaman 7 hari setelah suntik
  • Obat suntik KB yang kadaluarsa
  • Kesalahan dalam penyuntikan
Pada kasus HW, kemungkinan untuk terjadi kehamilan sangat kecil karena tubuh HW masih memiliki efek dari obat KB. Walaupun begitu kehamilan bisa saja terjadi karena efek obat sudah mulai menurun pada akhir masa kerjanya. Perhatikan beberapa minggu kedepan apakah ada tanda-tanda kehamilan, kemudian pastikan dengan menggunakan test pack atau periksakan ke dokter spesialis kandungan.Setelah penyuntikan sebaiknya hindari berhubungan intim terlebih dahulu atau bila ingin berhubungan menggunakan pengaman seperti kondom selama 7 hari kedepan. Lakukan jadwal penyuntikan secara teratur sesuai dengan jadwal yang dapat dilihat pada kalender dalam buku KB dan tandai agar tidak lupa. Ibu juga bisa menggunakan aplikasi pada hp untuk mengingatkan jadwal penyuntikkan berikutnya.Semoga bermanfaat Salam sehat.dr. Pany CL
kehamilanpenggunaan kbestrogenhormon progesteron
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil