Telat KB, haid setelah sesar

DR Info Penanya: DR, Pria, 27 Tahun
Dear Dokter,Istri saya melahirkan secara sesar dan telat menggunakan KB. Sudah lima bulan istri belum haid . Apa yang terjadi ya, Dokter ? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak DR,

Periode menstruasi setelah melahirkan untuk setiap wanita adalah bervariasi, dan siklus menstruasi akan mulai normal kembali setelah 12 bulan masa nifas, bahkan ada yang sampai 24 bulan. Untuk wanita yang memberikan ASI secara eksklusif maka, siklus menstruasi  akan lebih lama menuju kearah teratur. Sedangkan wanita yang tidak memberikan ASI eksklusif dan yang tidak menyusui, siklus menstruasi umumnya akan normal setelah tiga bulan masa nifas.

Jadi hal yang Ibu alami saat ini masih tergolong normal, selama belum ada kehamilan lagi. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan tes kehamilan karena istri belum sempat memakai alat KB, karena mungkin saja saat ini telah terjadi kehamilan baru.

Pada zaman dulu, pemberian ASI eksklusif dipercaya dapat menjadi Kontrasepsi alamiah, karena pemberian ASI dipercaya dapat menekan hormon reproduksi yang menyebabkan terhambatnya ovulasi pada wanita. Namun hal ini terbukti tidak benar, sehingga bila Ibu belum berencana untuk hamil lagi, maka sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi yang sesuai saat ini.

Bila Ibu merasa perlu untuk konsultasi lebih lanjut, kami sarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (SpOG) terdekat.

Selamat menikmati waktu berharga dan pengalaman baru sebagai “ orang tua”.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercinta saat haid perlu dilakukan dengan cara yang benar

Ini yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Bercinta Saat Haid

Bercinta saat haid mungkin masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Meski memiliki berbagai manfaat, ada pula sederet risiko yang patut diwaspadai mengenai berhubungan seks saat haid ini.