31 Jul 2021, 21:02Kandungan

Apakah bisa hamil jika lupa suntik KB 3 bulan ?

AS
Info Penanya: AS0
Assallamuallaikum dok, selamat malam... Dok, saya mau tanya.. saya telat 7 hari KB suntik 3.bulan. harus nya kb tgl 25 kemarin sekarang sudah tgl.31 karna saya lupa dok, dan rencananya besok saya mau kb dok.... Dan terakhir berhubungan tgl.16 dok. Apakah ada keterlibatan untuk hamil dok ? Soalnya saya belum ingin hamil lg anak saya masih 1.tahun dok masih kecil.. gimana dok kira-kira...
291 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, A.Selamat malam.Suntik KB 3 bulan menjadi salah satu KB yang dapat dipilih ibu menyusui dimana suntik KB 3 bulan tidak hanya mencegah kehamilan tetapi aman dan tidak mempengaruhi produksi ASI. Suntik KB ulang dengan jarak cukup lama yaitu 3 bulan, membuat wanita lupa untuk suntik KB kembali.

Apakah lupa suntik KB 3 bulan bisa menyebabkan kehamilan ?

Anda yang menggunakan KB suntik 3 bulan, telat 7 hari untuk suntik KB kembali dimana harusnya suntik KB tanggal 25, dan berhubungan di tanggal 16, kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil karena Anda berhubungan tidak di masa telat suntik KB sehingga perlindungan dan pencegahan hormon untuk pembuahan masih efektif.Anda boleh suntik KB ulang di tanggal 31, namun jika ragu terjadi kehamilan, bisa lakukan test pack terlebih dahulu. Setelah suntik KB 3 bulan ulang, sebaiknya Anda tidak berhubungan selama 7 hari untuk membiarkan hormon bekerja kembali secara efektif. Jika tetap ingin berhubungan, gunakan pengaman tambahan seperti kondom.Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter kandungan jika setelah berhubungan intim dan telat suntik KB, Anda tidak kunjung datang bulan. Ini bisa disebabkan oleh kehamilan atau gangguan hormonal karena suntik KB. Selalu pasang pengingat untuk suntik KB ulang ya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil