13 Jun 2021, 19:20Kandungan

Telat haid setelah hubungan pasca melahirkan, apakah hamil?

YY
Info Penanya: YY0
Asalamualaikum dok Sya mau tnya, saya selsi melahirkan sc 3 bulan lalu, setelah mas nifas, darah berhenti. Jadi saya berinisiatif minum pil kb menyusui, baru minum 4 kapsul yang untuk khusus haid strip teratas. Keluar darah ny, saya berasumsi saya haid. Setelah selsai haid Kurng Lbh 1 Mnggu Yg Biasa Ya Saya Haid Cuman 5 Hri. 1 mnggu kemudian saya mulai berhubngan badan. Bulan berikut y blm haid. Apa tnda hamil.
68 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo Y,Setelah masa nifas selesai artinya rahim sudah siap untuk terjadi ovulasi atau haid. Karena sudah ovulasi artinya ibu pasca melahirkan sudah dapat subur dan hamil kembali sewaktu-waktu terjadi pembuahan. Untuk itu, setelah nifas selesai dianjurkan segera melakukan KB agar mencegah terjadinya kehamilan dengan jarak yang terlalu dekat.

Memastikan kehamilan

Jika Anda sudah sedang mengkonsumsi pil KB untuk menyusui artinya saat melakukan hubungan seksual Anda sudah terproteksi dari resiko kehamilan. Namun jika setelah haid Anda tidak kembali mengkonsumsi pil KB lagi artinya kemungkinan kehamilan cukup tinggi terutama jika anda melakukan ejakulasi di dalam vagina.Masa subur umumnya terjadi 12hari sejak hari pertama haid terakhir dan jika hubungan dilakukan saat masa subur makan besar kemungkinan kehamilan dapat terjadi. Untuk saat ini sebaiknya lakukan testpack untuk memastikan kehamilan dan jika negatif ulang tes pack dengan jarak 1minggu dari testpack pertama, bila hasil tetap negatif segera lakukan KB agar tidak terjadi kehamilan beresiko karena terlalu dekat dengan kelahiran sebelumnya.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualtes kehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil