Sudah satu bulan belum haid, bagaimana ini?

OZ Info Penanya: OZ
Malam dok sya mau tanya sya sdh 1 bulan belm hed pdhal sya sdh berbagai jamu sdh sya minum untk melancarkan hed usia 18 thn belm menikah malah sya telat hed??? itu krna apa ya dok tolong dijawab?reaksi perut kram tiap hari, payudara pun serasa sakit, trs bagian bawah perut itu kalo bangun sakit sekali, sering buang air kecil jga dok, pusing kepala jga dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, OZ.

Haid adalah proses luruhnya dinding rahim, yang akan keluar dalam bentuk darah melalui liang vagina. Idealnya, haid terjadi setiap 21-35 hari sekali secara teratur. Sehingga apabila dalam satu bulan penuh (30-31 hari) tidak mengalami haid, bisa saja siklus menstruasinya lebih dari 31 hari, yaitu 32-35 hari, dan hal ini masih normal.

Tetapi apabila yang Anda maksud dengan "sudah satu bulan belum haid" adalah terlambat selama satu bulan (jadi sudah dua bulan berturut-turut tidak haid), maka hal ini bisa disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh Anda. Ada beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan perubahan hormon, di antaranya:

  • Kehamilan (apabila belum menikah tapi pernah melakukan aktivitas seksual, kehamilan bisa saja terjadi)
  • Naik atau turunnya berat badan dalam waktu singkat
  • Sindrom ovari polikistik
  • Gangguan hormon tiroid
  • Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti junk food atau minuman dengan pemanis buatan
  • Stres psikologis
  • Kelelahan fisik
  • Dan berbagai penyebab lainnya

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba melakukan pola hidup sehat agar hormon senantiasa seimbang, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, dan menghindari stres. Apabila tidak haid selama tiga bulan berturut-turut, Anda juga dapat memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG.

Lalu, perihal nyeri bawah perut dan sering buang air kecil, hal ini bisa saja berhubungan atau tidak dengan kondisi terlambat haid yang Anda alami. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah pre-menstrual syndrome, infeksi saluran kemih, atau gangguan sistem pencernaan. Jika nantinya sudah haid tetapi keluhan masih ada, konsultasikan juga kepada dokter, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran payudara bisa berubah dari waktu ke waktu karena berbagai faktor.

Bisa Berubah, Berapa Rata-Rata Ukuran Payudara Perempuan Indonesia?

Ukuran payudara bisa berubah karena banyak faktor. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengukurnya dengan tepat.