Setalah berhubungan, belum haid, tetapi muncul flek dan darah sebentar

G Info Penanya: G, Wanita, 15 Tahun
dok saya berhubunngan intim taanggal 28 agustus, jadwal haid saya bulan lalu tanggal 2 kemudian bulan ini tanggal 2 belum haid tapi muncul flek berwarn coklat kemudian keluar darah tanggal 5 dan tidak keluar lagi sampai sekarang. itu bagaimana yaa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, G.

Keadaan belum haid pada siklus menstruasi yang biasanya terjadi pada wanita bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari gangguan keseimbangan hormon, kehamilan hingga penyakit tertentu. 

Adapun bergai faktor pemicunya yang meliputi :

  • badan yang terlalu kurus ataupun gemuk
  • pola makan yang tidak sehat
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelelahan
  • stres dan gangguan psikologis lainnya
  • program latihan tertentu, seperti atlet
  • kondisi medis tertentu seperti kehamilan
  • penyakit tertentu, seperti PCOS atau sindroma polikistik ovarium, gangguan pada kelenjar tiroid dan penyakit lainnya

Mengenai flek coklat dan darah yang keluar setelah sebelumnya ada riwayat keterlambatan haid dan hubungan intim dapat terjadi karena dua kemungkinan, yakni perdarahan pada awal kehamilan, atau gangguan menstruasi. Untuk memastikannya Anda perlu memperhatikan siklus haid selanjutnya. Jika ada keterlambatan lagi minimal 10 hari, Anda dapat melakukan test pack, yang dapat diulang seminggu kemudian jika msih tidak kunjung haid.

Namun jika kedua hasil test pack berulang tersebut negatif maka faktor penyebab flek dan darah yang dialami mungkin hanya ketidakseimbangan hormon yang terjadi semantara. Akan tetapi jika sampai tiga bulan Anda mengalami gangguan haid seperti saat ini dengan hasil test pack yang tetap negatif, ada baiknya untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika Anda memiliki cukup energi, efek dari berpuasa akan tidak terlalu dirasakan.

Tips Agar Puasa Saat Hamil Terasa Lebih Ringan

Beberapa ahli menganggap bahwa berpuasa tidak disarankan untuk ibu hamil. Meski begitu, terdapat juga penelitian yang menyebutkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa selama hamil dan tidak.