06 Jan 2021, 00:09Kandungan

Telat haid karena KB

EK
Info Penanya: EK0
Dok sya mau nanya.dok saya seharusnya haid tgl 25-30 tapi nyampe skrg saya belum haid .trus pas tgl 2 saya suntik kb yg 1bulan.ke esokan harinya saya keluar darah tapi sedikit dan nyampe skrg ga ada lagi.itu knpa ya dok?
129 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Penggunaan KB suntik merupakan metode KB yang memasukkan hormon pencegah kehamilan ke dalam tubuh. KB suntik menggunakan jumlah hormon yang besar sehingga terkadang tubuh dapat terlambat menstrusi, mentrusdi banyak sekali, keluar flek di luar menstruasi atau bahkan tidak menstruasi sama sekali selama penggunaan KB tersebut.Jadi yang Anda alami, merupakan efek samping dari penggunaan KB hormonal ini. Jika Anda ingin berpikir ulang untuk berhenti atau melanjutkan penggunaan KB ini, berikut adalah efek samping lain selain gangguan haid yang mungkin terjadi karena penggunaan KB suntik, yaitu
  • Sakit kepala dan sakit perut
  • Gelisah
  • Timbul jerawat
  • Berat badan bertambah karena napsu makan meningkat
  • Tumbuh rambut-rambut di wajah dan badan
  • Rambut rontok
  • Menurunnya kepadatan tulang
  • Rasa lelah dan kelemahan otot
  • Gairah seks menurun
Jika Anda memutuskan untuk meengganti KB, KB non-hormonal merupakan pilihanyang baik. Contoh KB non hormonal adalah IUD. KB ini dapat digunakan mulai dari 3-10tahun tergantung jenis KB yang Anda inginkan dan tidak memerlukan perawatan khusus selama penggunaan.Salam sehat
penggunaan kbkeluarga berencanagangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil