Telat haid tapi tespek negatif apa karena menyusui?

HS Info Penanya: HS, Wanita, 27 Tahun
Halo dok,sya ibu menyusui anak sya berusia 15bulan dok dibulan Juli sya masih haid lalu dibulan Agustus dan september sya telat haid dok sudah sya coba tespek tp hasilnya negatif apakah sya hamil atau hanya gangguan hormon krna menyusui dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HS,

Menyusui adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh ibu yang baru saja melahirkan, karena bayi perlu diberi ASI eksklusif minimal selama 6 bulan agar bayi memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga nantinya tidak mudah sakit.

Selain bermanfaat untuk bayi, kondisi menyusui juga bisa dimanfaatkan sebagai KB alami untuk menunda kehamilan, namun tentunya tetap perlu menggunakan kondom atau menghindari berhubungan seksual di masa subur. Hal ini juga dipengaruhi oleh seberapa rutin Anda menyusui bayinya, karena semakin rutin menyusui bayi maka akan semakin besar efek mencegah kehamilan.

Perihal bulan Agustus yang belum haid dan sudah tes pack hasilnya negatif, maka terlambat haid bisa saja disebabkan oleh:

  • Faktor kelelahan akibat mengurus anak. Terlebih anak Anda mulai belajar berjalan sehingga tentunya butuh pendampingan lebih banyak.
  • Faktor stres atau sedang ada masalah dalam keluarga.
  • Perubahan berat badan yang drastis misal sedang diet menurunkan berat badan setelah hamil.
  • Efek samping KB bila Anda menggunakan KB.

Selama hasil tes packnya negatif, maka Anda tidak perlu cemas. Jalankan pola hidup sehat agar siklus haid kembali lancar.

Tips melancarkan haid:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak, usahakan minimal 8 gelas setiap harinya.
  • Jangan bergadang karena akan merusak jam biologis tubuh.
  • Hindari stres dan nikmati hidup Anda.
  • Rutin olahraga agar aliran darah lancar.

Bila dalam 3 bulan tetap tidak haid dan Anda cemas, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.