Telat haid tapi tidak ada tanda kehamilan

YD Info Penanya: YD, Pria, 1 Tahun
Halo dok saya mau tanya , istri saya bulan lalu haid tanggal 9 , dan bulan berikut nya tanggal 12 , dan bulan sekarang tanggal 12 dia blum haid , dan sudah melewati tanggal biasanya , tapi dia ngomong ke saya kalo dia sedang stres karna banyak fikiran , dan saya juga aneh gaada tanda tanda kehamilan , dan seminggu berhubungan dia merasakan sakit di perut bagian bawah tapi tidak mengeluarkan flek dan sakit nya cuma sehari saja , dia pun sekarang lebih suka ngemil , itu kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YD,

Siklus haid seorang wanita umumnya berlangsung setiap 21-35 hari, namun hal ini bisa saja mengalami perubahan menjadi maju atau mundur tergantung keseimbangan hormon di dalam tubuhnya.

Berikut ini beberapa penyebab siklus haid menjadi terlambat :

  • Kehamilan. Seringkali disertai dengan gejala mual muntah di pagi hari, badan lemas, pusing, perubahan emosional. Namun gejala-gejala ini tidak selalu dialami oleh wanita yang sedang hamil. Jadi perlu dikonfirmasi dengan tes pack.
  • Stres atau cemas berlebihan.
  • Aktivitas yang terlalu padat hingga kelelahan.
  • Perubahan berat badan seperti diet ketat.
  • PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Perihal nyeri perut bagian bawah dan napsu makan yang meningkat bisa saja disebabkan oleh faktor infeksi saluran kemih, gejala awal hamil muda, PMS, atau adanya stres yang merangsang produksi asam lambung lebih banyak sehingga perut terasa lapar terus.

Saran saya sebaiknya istri Anda melakukan tes pack bila sudah 7 hari terlambat haid untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Bila hasilnya 2 garis samar, maka pemeriksaan tes pack bisa diulang 7 hari kemudian setelah tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasil.

Sementara yang dapat istri Anda lakukan adalah :

  1. Perbanyak makan sayur dan buah.
  2. Minum air yang banyak.
  3. Cukup tidur.
  4. Olahraga 30 menit setiap hari.
  5. Jangan stres.

Bila dalam 3 bulan istri Anda tidak haid dan tidak hamil, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh YD
14 Apr 2020, 00:17
Tapi perubahan hormon seperti timbulnya jerawat itu gimana ya dok sedangkan dia org nya tidak pernah timbul jerawat saat haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 Apr 2020, 08:36
Selamat pagi YD,
Perubahan hormon tidak hanya terjadi pada jerawat, perubahan berat badan, perubahan suasana hati / mood, susah tidur, merasa lelah, dll bisa menjadi salah satu tanda gangguan hormon.
Salam sehat.
Dibalas oleh YD
14 Apr 2020, 00:23
Sudah hampir sebulan juga dok saat saya berhubungan tapi tidak ada gejala kehamilan tapi istri saya tidak kunjung datang bulan , yg saya liat dari perubahannya hanya , makan atau ngemil , timbul nya jerawat sama jam tidur yg biasanya jam 11 malam ini jam 9 jam 10 sudah ngantuk itu kenapa ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 Apr 2020, 08:38
Selamat pagi YD,
Seperti yang sudah jelaskan di forum atas dan penjelasan saya sebelumnya, kondisi ini bisa salah satu penyebab perubahan hormon.
Salam sehat.
Dibalas oleh YD
14 Apr 2020, 10:55
Oh iya dok mau tanya lagi semisalkan istri saya mengandung , apakah dalam waktu 1 bulan itu ada perubahan ? Seperti kebanyak org yg trimester pertama ada yg mual , muntah dan sebagai nya ? Bila istri saya mengalami itu kapan akan terjadi ? Soalnya selama 1 bulan ini dia tidak merasakan itu semua perubahan di badan pun tidak ada
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 Apr 2020, 08:41
Selamat pagi YD,
Tanda pertama dari gejala haid biasanya wanita akan mengalami terlambat mentruasi, jadi jika pada bulan ini istri Anda mengalami terlambat haid sebaiknya lakukan testpack untuk memastikannya.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.