Terlambat haid, hamil tidak ya?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 24 Tahun
hai .. Dok, saya mau nanya ni, sayakan gk kb. rencananya mau nyoba kb kalender gtu.. trus biasanya jarak s haidnya saya setiap 26 hari, trus sayakn haid tnggl 5 agustus dan berhubungan tnggal 30 dan tnggal 4 septmbr, tnggal 5 saya test peck hasilx negatif, dan sampai sekarang saya belum haid juga, ada kh kemungkinan saya hamil?? makasi Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TS.

Terlambat haid sering diidentikkan dengan kondisi kehamilan. Padahal, penyebab terlambat haid selain kehamilan sangatlah bervariasi, misalnya pola hidup yang tidak sehat (mengonsumsi junk food, sering tidur larut malam), gangguan rahim (PCOS, kista ovarium), obesitas, konsumsi obat-obatan tertentu, serta penggunaan alat kontrasepsi hormonal.

Terkait kondisi Anda, apabila siklus haid rata-rata Anda adalah 26 hari dan haid terakhir jatuh pada tanggal 5 Agustus, maka Anda disarankan melakukan testpack seminggu setelah terlambat, yaitu tanggal 7 September. Apabila negatif dan Anda masih belum haid juga, testpack dapat diulangi seminggu kemudian, yaitu 14 September.

Apabila sudah dua kali testpack tetapi masih negatif, dan haid masih belum datang sampai tiga bulan berturut-turut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan langsung. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, seperti USG.

Nantinya, hasil pemeriksaan akan dievaluasi. Apabila benar hamil, dokter akan meresepkan beberapa jenis vitamin agar kandungan senantiasa terjaga. Tetapi, apabila tidak hamil, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan hormonal agar siklus haid dapat kembali normal.

Lakukan juga pola hidup sehat agar hormon seimbang, seperti mengonsumsi banyak sayur-mayur, minum air putih yang cukup, rutin olahraga, dan tidak tidur larut malam, ya. Kelola juga tingkat stres dengan rutin melakukan yoga dan meditasi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penting untuk mengingat kapan penggunaan KB dipasang untuk mencegah pakai KB implan bisa hamil

Mungkinkah Sudah Pakai KB Implan Masih Bisa Hamil?

Pakai KB implan bisa hamil, mungkinkah terjadi? KB implan dianggap ampuh untuk menunda atau mencegah kehamilan. Tapi, kalau tidak sedang haid, apakah selalu tanda hamil?