Telat haid tapi kenapa negatif?

AA Info Penanya: AA
hallo dok ,,saya habis nikah sudah 1 bulan lebih dan saya telat haid 3 minggu tetapi sudah tespek 4x hasil tetap negatif kenapa ya dok? apakah saya hamil atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Terlambat haid bagi pasangan yang baru menikah seringkali diartikan sebagai datangnya kehamilan, namun hasil tes pack yang negatif tentu saja menimbulkan kebingungan dan tanda tanya kenapa tidak haid tapi kok tidak hamil juga, tes packnya yang salah atau ada penyebab lainnya?

Beberapa kemungkinan yang terjadi perihal kondisi Anda adalah:

  • Tes pack dilakukan terlalu cepat sehingga hasilnya tidak akurat. Seringkali pasangan yang baru menikah dan terlambat haid tidak sabar untuk mengetahui hasilnya. Idealnya tes pack dilakukan paling cepat 7-10 hari setelah terlambat haid dan menggunakan urin pagi yang pertama keluar.
  • Bila sudah sesuai prosedur namun hasilnya negatif dan tidak ada gejala-gejala hamil, maka terlambat haid disebabkan oleh faktor kelelahan, perubahan berat badan, atau pola hidup yang tidak baik misal kurang nutrisi atau sering bergadang, dan kondisi stres.
  • Anda hamil namun hormon kehamilan belum banyak sehingga belum terdeteksi pada hasil tes pack. Bisa terjadi kesalahan dalam penentuan tanggal haid.

Jalankan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bervariasi, minum air putih yang banyak, tidur secara teratur, hindari stres, dan rutin olahaga. Bila Anda masih ragu, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.