Telat haid sudah 1 minggu, sudah tes pack negatif, harus bagaimana ya dok?

AR Info Penanya: AR
assalamuallaikum dok sya mau nanya ni kn skarang sya udj telat haid ya hampir mau seminggu lh sya telat haid kya nya si udh bkn seminggu lg ya soal nya sya biasa haid tanggal 10 trus setelah menikah haid sya beruubah jd tanggal 27 dan sampe skarang sya blm halangan lg kmrn tu sya udh sempet cba tespek cma hasil nya negatif dok dan yg sya bingung itu knpa sampe skarang sya blm haid apa sya harus tespek lg atau gmna dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menstruasi memiliki siklus yang bisa berubah-ubah tergantung kadar hormon Anda. Hormon estrogen dan progesteron memiliki keseimbangan tertentu yang disesuaikan dengan siklus haid Anda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan hormon tersebut baik secara fisik dan psikis. Bila fisik Anda sedang kurang istirahat, banyak lembur atau sedang tidak fit maka mens bisa berubah menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Begitu pula jika psikis Anda sedang banyak pikiran, stres atau dikejar deadline di kantor bisa juga menganggu siklus haid Anda.

Siklus haid rata-rata 4 minggu / 28 hari. Ada toleransi 1 minggu jadi bisa 21 - 35 hari setelah mulai haid yang terakhir. Saya lampirkan artikel mengenai telat menstruasi selain karena kehamilan untuk menjadi referensi Anda. Sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan tidak ada kelainan di organ kandungan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Tanda-tanda menstruasi atau PMS terjadi sekitar lima hari hingga dua minggu sebelum haid datang. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, ini tanda menstruasi yang perlu diketahui.