05 Sep 2021, 08:01Kandungan

Apakah telat haid karena efek vaksin COVID-19?

IN
Info Penanya: IN0
Hallo Dok saya umur 21tahun saya sudah menikah dan pada tgl 25 Agustus saya vaksin kedua setelah itu saya berhubungan intim, harusnya tgl 1 saya haid dan sekarang belum haid dok apakah itu karna efek vaksin atau emang jadwal haid saya jadi berubah?
4203 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ITerima kasih atas pertanyaannya.Vaksin COVID-19 adalah upaya dalam menekan angka kasus COVID-19 dan mengatasi pandemi COVID-19.  Layaknya vaksin pada umumnya, vaksin COVID-19 juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin dialami walaupun ada juga tanpa efek apapun.  

Efek samping vaksin COVID-19 :

  • Demam dan mengigil. 
  • Nyeri otot. 
  • Sakit kepala. 
  • Gatal-gatal ringan. 
  • Nyeri dan kemerahan di bagian suntik. 
  • Mengantuk. 
Jadi sampai saat ini belum ditemukan efek vaksin COVID-19 yang sampai menganggu menganggu siklus haid.  Untuk menentukkan siklus haid normal itu bukan dari tanggal yang sama tetapi dari apakah masih dalam batas 21-35 hari sekali.  Jika sebelumnya ada riwayat hubungan intim, ada kemungkinan pula belum haid karena faktor kehamilan.  Selain kehamilan, faktor stres, obesitas, dan kelainan di rahim juga dapat menimbulkan telat haid. Untuk itu karena tanggal 5 ini batas terakhir seharusnya anda haid, maka telat haid baru dihitung besok dan anda dapat lakukan testpack saat telat lebih dari 7 hari atau sekitar tanggal 14 september jika belum haid juga.  Sementara menunggu untuk testpack, jaga berat badan seimbang, perbanyak air putih, kelola stres, kurangi begadang dan olahraga teratur untuk jaga siklus haid tetap normal dan teratur.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidgangguan menstruasivaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil