Telat haid setelah melahirkan, KB implan

EK Info Penanya: EK, Wanita, 25 Tahun
Siang, Dokter.Dok, saya baru melahirkan dan mengikuti program Keluarga Berencana dengan memasang implan atau susuk. Semenjak itu saya belum pernah menstruasi. Apakah ini normal? Dan adakah efek terhadap kesehatan saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Ibu EK,

Periode menstruasi setelah melahirkan untuk setiap wanita adalah bervariasi, dan siklus menstruasi akan mulai normal kembali setelah 12 bulan masa nifas, bahkan ada yang sampai 24 bulan. Untuk wanita yang memberikan ASI secara eksklusif maka, siklus menstruasi akan lebih lama menuju kearah teratur. Sedangkan wanita yang tidak memberikan ASI eksklusif dan yang tidak menyusui, siklus menstruasi umumnya akan normal setelah tiga bulan masa nifas. Jadi hal yang Ibu alami saat ini masih tergolong normal, selama belum ada kehamilan.

Siklus menstruasi ini juga akan dipengaruhi oleh pemakaian KB susuk yang mengandung hormonal. Karena pemakaian KB Hormonal seperti pil, suntik dan susuk atau implan, akan mempengaruhi siklus menstruasi dengan gejala antara lainberupa tidak mens sama sekali, mens dengan siklus yang memanjang, atau flek. Gejala yang mungkin tidak disukai oleh para wanita yaitu penumpukan lemak disekitar perut. Semua gejala ini sifatnya individual artinya bervariasi untuk setiap wanita.

Kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi pada wanita, dan tidak perlu dicemaskan selama tidak dicurigai adanya penyakit lain yang telah dikonfirmasikan dengan Dokter.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.