15 Jul 2021, 18:20Kandungan

Telat haid setelah berhubungan, apakah hamil?

SK
Info Penanya: SK, Wanita, 16 Tahun
Selamat sore Dokter,saya mau bertanya Tgl 12 bulan juni semalam saya datang bulan,tetapi tanggal 7 juli bulan ini saya berhubungan intim dengan pasangan saya.dan sekarang saya sudah telat haid 3 hari.Namun seperti biasanya jadwal haid saya tidak teratur.apakah ada kemunginan kalau saya hamil? Terima kasih dok selamat sore Saya harap dokter dapat meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan saya.
176 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaan AndaTelat haid pada wanita bisa disebabkan oleh ebberapa penyeabb, salah satunya adalah karena hamil. Terlebih apabila ada riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya dengan ejakulasi pria yang dilakukan di dalam vagina. Tetapi, perlu diketahui bahwa penyebab telat haid pada wanita ini juga bisa terjadi karena penyebab lain selain karena hamil.

Adapun penyebab lain telat haid pada wanita yaitu:

  • Stres
  • Berat badan yang berubah secara drastis
  • Gangguan hormonal dalam tubuh
  • Efek penggunaan KB
  • Kelelahan 
  • PCOS
  • Penyakit lainnya terutama pada kesehatan organ reproduksi
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika Anda curiga terjadi kehamilan silakan lakukan test pack untuk tahu apakah Anda hamil atau tidak. Selain dengan test pack, Anda juga bisa memastikan kehamilan dengan USG atau pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Jika dinyatakan tidak hamil, maka penyebab telat haid pada Anda salah satunya karena kondisi yang disampaikan di atas.Tetap konsumsi makanan yang bergizi, atasi stres, hindari kecemasan, istirahat cukup, jaga berat badan ideal dan olahraga ringan dengan rutin agar siklus haid lancar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekssekshamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil