Apa penyebab tidak haid setelah melakukan hubungan intim?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
beberapa wkt lalu kira2 di tgl 20an juni saya melakukan hubungan intim dengan seorang wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim sama sekali dan pada wkt itu juga saya tdk mengeluarkannya di dalamsetelah melakukan hubungan intim itu, si wanita mengatakan kepada saya kalau dia tidak haid sampai hari ini dan dia bilang haid setiap tanggal 20andia panik langsung dia test kehamilan menggunakan test pack, tp hasilnya negatifapakah ini wajar tidak haid setelah melakukan hubungan intim?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Haid atau menstruasi adalah hal normal yang dialami oleh wanita, mulai dari usia remaja sampai menopause di usia lanjut. Haid akan dialami secara teratur setiap 21-35 hari, dimana rata-rata wanita mengalami haid setiap 28 hari. Haid dipengaruhi oleh sistem hormon, sehingga apabila ada hormon yang berubah maka haid akan tidak teratur.

Salah satu penyebab perubahan hormon adalah kehamilan, yang akan terjadi apabila ada proses pembuahan. Hal ini dapat terjadi ketika seorang pria dan wanita melakukan aktivitas seksual, seperti menggesekkan atau memasukkan penis ke vagina. Sekalipun ejakulasi dilakukan di luar, kemungkinan kehamilan tetap ada, mengingat cairan pre-ejakulasi juga mengandung sperma.

Oleh karena itu, sarankan kepada pasangan Anda untuk mengulang testpack lagi seminggu kemudian. Jika hasilnya masih negatif, Anda dapat mengajak pasangan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG konfirmasi.

Jika ternyata saat USG tidak ditemukan kantung kehamilan, maka kemungkinan besar keterlambatan haid ini disebabkan oleh hal lainnya. Beberapa penyebab yang dapat memicu terlambat haid adalah stres, kelelahan, berat badan yang naik atau turun, maupun penyakit rahim seperti PCOS. 

Ke depannya, jika Anda dan pasangan tidak siap hamil, silakan gunakan kontrasepsi seperti pil atau kondom. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gairan seks saat hamil bisa meningkat karena peningkatan produksi estrogen

Wajarkah Jika Gairah Seks Saat Hamil Menjadi Tinggi?

Pernahkah Anda mengalami peningkatkan gairah seks saat hamil? Peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti level estrogen yang meningkat.