Tidak haid selama sebulan penuh, kenapa?

Y Info Penanya: Y
Dok umur saya 29 tahun dan saya mau nanya, tgl 20 bulan maret saya haid dan sampai tgl 6 mei hari ini ga ada timbul haidnya. Kira2 itu masalah'nya apa ya dok?? Jadi kesimpulannya selama bulan april kemaren saya tidak ada haid dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y.

Menstruasi atau haid adalah hal wajar yang dialami wanita usia subur. Biasanya, seorang wanita akan mengalami haid pertama pada usia remaja, kemudian berlanjut secara teratur sampai menopause di usia lansia. Normalnya, haid akan dialami setiap 21-35 hari, dengan rata-rata wanita mengalami siklus 28 hari. 

Terkait pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu berapa hari siklus haid Anda. Jika siklus Anda lebih panjang dari 30 hari, maka tidak mengalami haid sebulan penuh adalah hal normal. Tetapi, jika lebih pendek dari 30 hari, maka itu berarti Anda sudah mengalami keterlambatan haid.

Terlambat haid sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  • Turun atau naik berat badan secara drastis
  • PCOS
  • Stres yang berlebihan
  • Gangguan tiroid
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal
  • Kehamilan

Jika Anda sudah menikah, sebaiknya lakukan testpack untuk mengetahui penyebab pasti kondisi Anda. Tetapi, jika belum, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan apabila selama 90 hari Anda tak kunjung mendapatkan haid.

Jangan lupa senantiasa melakukan pola hidup sehat untuk menjaga keseimbangan hormon, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, tidur teratur, rutin berolahraga dan menghindari stres. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.