12 Mar 2021, 20:47Kandungan

Apa yang menyebabkan telat datang bulan, apakah kehamilan ?

JI
Info Penanya: JI0
Dok saya mau tanya. Istri saya belom haid hingga satu bulan lebih ,namun berhubungan juga keluar diluar ,sudah sempat tespek namun hasilnya negatif , itu kenapa y belum haid juga?
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, J.Kehamilan yang diawali oleh telat haid dapat merupakan sesuatu yang sangat ditunggu oleh pasangan menikah dalam waktu lama dan menanti kehadiran seorang buah hati sebagai pelengkap kebahagiaan rumah tangga. Namun beberapa pasangan takut saat wanita mengalami telat haid karena belum siap untuk memiliki anak, anak masih berusia sangat kecil, lupa menggunakan alat kontrasepsi maupun pasangan yang berhubungan seksual di luar pernikahan seperti anak muda.

Apa yang menyebabkan telat datang bulan, apakah kehamilan ?

Telat haid yang dialami istri Anda dapat merupakan tanda sebuah kehamilan walau berhubungan seksual dengan ejakulasi di luar vagina. Sperma yang terkandung di cairan pra ejakulasi dapat membuahi sel telur yang ada sehingga kehamilan masih bisa terjadi. Hasil test pack yang menunjukkan garis 1 bisa terjadi walau kehamilan berlangsung karena hormon HCG yang belum terlalu meningkat di tubuh dan belum terdeteksi di urin ibu. Selain itu pemeriksaan yang salah dapat mempengaruhi hasil. Kehamilan dapat diperkuat jika istri Anda mengalami keluhan sebagai tanda kehamilan lainnya seperti mual berlebih, rasa ingin berkemih meningkat, keram pada perut, ada flek kecoklatan dan rasa kencang pada kedua payudara.Telat haid dapat disebabkan faktor lain seperti gangguan siklus menstruasi yang memanjang, efek penggunaan alat kontrasepsi mengandung hormon, berat badan ibu tidak ideal, rasa lelah dan stress berkepanjangan, gangguan ovulasi akibat penyakit polikistik ovarium sindrome (PCOS) dan kekurangan hormon tiroid.Agar hormon menjadi stabil kembali dan haid lancar, Istri Anda dapat menerapkan pola hidup sehat, olahraga dan senam kegel secara rutin, menjaga imun tubuh, menjaga berat badan ideal, kelola stress dengan baik serta lakukan konsultasi dan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan jika haid tetap tidak kunjung datang.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil