04 Aug 2021, 08:06Kandungan

Belum haid setelah hubungan badan, apakah saya hamil ?

RA
Info Penanya: RA0
Dok. Untuk bulan Juli saya belum haid sampai sekarang. Terhitung haid saya telat sudah satu bulan lebih 3 hari. Pada saat selesai mens bulan Juni pada hari ke 10 saat saya buang air kecil keluar lendir darah sedikit. Lalu pada hitungan hari ke 16 setelah saya melakukan hubungan badan, saat saya buang air kecil keluar lendir darah lagi. Apakah saya hamil dok? Lalu untuk mendapatkan hasil tespack yang akurat, maka pada hitungan telat haid hari ke berapa saya harus melakukan tespack? Terima kasih.
100 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, R.Telat haid dapat merupakan tanda sebuah kehamilan terutama wanita aktif dalam berhubungan seksual, tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali, sperma pasangan dalam keadaan sehat sehingga peluang terjadinya pembuahan dan kehamilan besar.

Apa yang menyebabkan belum haid setelah hubungan badan ?

Anda yang dari bulan Juli belum haid sampai sekarang, terhitung telat sudah satu bulan lebih 3 hari, dimana Anda melakukan hubungan badan sebelumnya, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Kehamilan. Anda dapat melakukan test pack yang akurat setelah 2 minggu pasca berhubungan badan atau 1 minggu telat haid dari jadwal seharusnya. Pemeriksaan test pack dilakukaan setelah Anda bangun tidur di pagi hari. Jika hasil test pack masih samar, Anda dapat test pack kembali 1 minggu kemudian.
  • Siklus haid memanjang karena gangguan hormonal akibat berat badan obesitas, kurang gizi, gangguan hormon  tiroid, PCOS, tumor pituitari, infeksi saluran tuba.
Keluar lendir darah saat Anda buang air kecil dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, luka pada vagina setelah berhubungan badan dan gangguan hormon yang memicu perdarahan di luar siklus haid. Selalu terapkan pola hidup sehat agar hormon stabil dan terhindar dari penyakit.Anda dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan lengkap di dokter kandungan untuk memastikan kehamilan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil