Telat haid 5 hari, apakah hamil?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 23 Tahun
Dok, mau tanya. Biasanya siklus haid saya 26-28. Tapi semenjak nikah siklus saya jadi 30-33 hari. Skrg bulan puasa saya sudah telat 5 hari. Apakah berkemungkinan hamil atau tidak ya dok karnakan saya puasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SM.

Haid atau menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak ada proses pembuahan. Kondisi ini akan berlangsung selama 3-8 hari. Pada wanita sehat, normalnya haid akan datang secara teratur setiap 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. 

Penyebab Terlambat Haid

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, terlambat haid 5 hari bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Pola tidur yang berubah saat bulan puasa (kurang tidur)
  • Berat badan yang naik atau turun berlebihan selama bulan puasa
  • Stres yang berlebihan
  • Kelelahan fisik
  • Gangguan hormon tiroid
  • PCOS
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • Kehamilan

Anda dapat mencoba melakukan testpack untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Jika negatif, tunggu hingga satu minggu kemudian dan lakukan testpack ulang. Apabila masih negatif juga, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba melakukan pola hidup sehat agar hormon tetap seimbang walau bulan puasa. Usahakan tidur mulai pukul 9 malam, sehingga waktu tidur tetap cukup walau bangun saat subuh. Konsumsi makanan secukupnya saat sahur dan berbuka, jangan berlebihan. Selain itu, jaga asupan air putih agar tidak dehidrasi.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.