Kenapa tidak keluar darah padahal masih perawan?

E Info Penanya: E
Dok saya mau tanya , kenapa pas hubungan intim pertama kali kok gak keluar darah Padahal kan masih perwan dan belum pernah berhubungan intim sebelumnya dok... Saya juga mau nanya, apa penyebab telat haid ya dok.. Saya sudah sebulan lebih belum haid Padahal di tespek hasilnya negatif.. Terus apa yang harus di lakukan dok?? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi E,

Selaput dara adalah lapisan yang menutupi lubang vagina, dan memiliki celah kecil untuk keluarnya darah ketika haid. Selaput dara ini bersifat elastis, namun bila ada trauma seperti terjatuh dari sepeda, jatuh dari kuda dan mengakibatkan benturan pada area kelamin, atau penetrasi penis ketika berhubungan seksual, maka selaput dara ini akan robek dan mengeluarkan darah. Namun pada selaput dara yang sangat elastis, maka selaput ini tidak akan langsung robek ketika pertama kali berhubungan seksual, mungkin baru akan robek dan berdarah setelah beberapa kali berhubungan seksual, bahkan ada yang sampai melahirkan baru robek selaput daranya.

Perihal tidak haid namun tes pack negatif, bisa disebabkan oleh :
  1. Pemeriksaan test pack yang terlalu cepat sehingga hasilnya seolah-olah negatif, idealnya test pack dilakukan 1 minggu setelah terlambat haid. Bila hasilnya negatif namun ada tanda-tanda hamil seperti mual, pusing, lemas, uring-uringan, maka sebaiknya jarak 1 minggu ditest pack ulang untuk konfirmasi hasil test pack yang pertama.
  2. Faktor kelelahan.
  3. Stres.
  4. Perubahan berat badan yang drastis.
  5. Pemakaian KB.
Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas setiap hari atau setara dengan 2 liter/ hari.
  3. Cukup istirahat, hindari begadang.
  4. Jangan stres.
  5. Usahakan berat badan seideal mungkin.

Bila test pack ulang hasilnya masih negatif, namun Anda tetap tidak haid dalam 3 bulan, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.