11 Nov 2021, 20:05Kandungan

Telat haid dan keputihan apakah karena IUD?

NR
Info Penanya: NR0
Assalamualaikum Dokter, maaf ganggu waktunya.. Mau tanya, kalau belum menstruasi setelah pemakaian IUD padahal bulan sebelumnya sudah menstruasi, apakah wajar? Selain itu saya juga keluar keputihan agak kehijauan seperti hingus, tapi tidak berbau ???? Mohon penjelasannya Dokter..
111 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,KB IUD adalah jenis KB yang dimasukkan pada rahim untuk mencegah kehamilan. KB IUD sendiri ada 2 macam yaitu yang mengandung hormon dan yang tidak mengandung hormon. Ada beberapa efek samping dari KB jenis ini yang perlu Anda ketahui terutama beberapa bulan pertama pada awal pemasangan.  

Efek samping penggunaan IUD

Dalam 6bulan pertama selama pemasangan IUD, umumnya dapat terjadi perdarahan di luar siklus haid serta gangguan siklus haid. Hal ini juga akan terjadi lebih lama dari 6bulan jika yang Anda gunakan adalah IUD yang jenis hormonal sehingga gangguan haid mungkin saja terjadi selama penggunaan IUD hormonal. Selain itu, efek sampign lainnya adalah KB IUD dapat menyebabkan nyeri perut bawah pada 7 hari pertama pasca pemasangan. Namun untuk keluhan keputihan kehijauan, umumnya keluhan ini disebabkan oleh infeksi vagina misalnya karena bakteri, parasit maupun jamur.Untuk mengatasi keluhan yang terjadi saat ini, Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter kandungan, dokter umumnya akan memeriksa kondisi keputihan, serta memeriksa kondisi IUD Anda serta memberikan pengobatan yang sesuai. Selain kedokter, beberapa hal yang bisa dilakukan dirumah untuk mengurangi keluhan adalah tingkatkan kebersihan organ kewanitaan dan tunda hubungan seksual hingga keluhan sembuh.Baca juga forum terkait keputihan dan menstruasi:Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kontrasepsikeputihangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil