12 Oct 2021, 15:40Kandungan

Telat haid apa karena hubungan terputus?

A4
Info Penanya: A40
Saya mau tanya doc kemarin saya menstruasi tanggal 8 september dan saya berhubungan pada tanggal 6 oktober dan sperma di keluarkan di luar vagina apakah bisa hamil atau telat haid?
117 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Kehamilan dapat terjadi jika sel sperma berhasil membuahi sel telur wanita yang matang. Peluang ini umumnya semakin meningkat jika hubungan dilakukan saat masa subur wanita yang dapat dihitung sesuai siklus masing-masing wanita. Jika haid Anda sebelumnya adalah tanggal 8 September dan Anda memiliki siklus teratur 28hari, maka tanggal 6 Oktober bukan merupakan tanggal subur Anda melainkan Anda subur ditanggal 20-24 September.

Kehamilan karena hubungan terputus

Namun pada masa kurang subur, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pembuahan karena pria dapat mengeluarkan sperma, melalui dua cairan yaitu cairan pra ejakulasi atau pelumas penis berwarna bening yang keluar selama ereksi, dan cairan ejakulasi yang jika masuk ke rahim dapat bertahan hidup selama 3-5hariMelakukan ejakulasi diluar atau hubungan terputus tanpa menggunakan kondom tetap memiliki resiko kehamilan. Jika setelah hubungan ini Anda mengalami terlambat haid maka sebaiknya lakukan pemeriksaan tes kehamilan. Untuk selanjutnya jika hasil tes negatif dan Anda belum menginginkan kehamilan, gunakan KB saat berhubungan. Namun jika tes positif, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil