12 Oct 2021, 12:26Kandungan

Telat haid, berapa usia kehamilan?

FA
Info Penanya: FA0
Telat haid dari tanggal 28 september, semalam ditespek hasilnya garis 2 positif, jadi berapa minggu usia kehamilannya dok?
70 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo F,Mengetahui usia kehamilan adalah hal yang penting agar ibu dapat lebih memantau perkembangan janin dengan baik. Untuk menentukan usia kehamilan ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Cara menghitung usia kehamilan

Menghitung berdasarkan tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) yaitu jika haid terakhir Anda adalah 28 Agustus - 2 September, maka usia kehamilan dihitung sejak tanggal 28Agustus tersebut bukan dari saat terlambat di 28 September. Jika dihitung dari 28 Agustus, artinya saat ini usia kehamilan Anda sudah 6minggu dan 3hari.Cara kedua adalah dengan tindakan USG atau ultrasonografi (USG) yang dilakukan dengan mengukur janin lalu dibandingkan dengan ukuran janin seusianya. Sayangnya janin baru dapat terlihat pada usia kehamilan diatas 8minggu sehingga pada usia kehamilan Anda yang saat ini masih 6minggu hanya akan terlihat kantung kehamilannya.Jika kehamilan sudah cukup besar, dokter juga dapat menentukan usia kehamilan dari tinggi fundus atau tinggi perut ibu, sebaiknya lakukan pemeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk kontrol kehamilan dan lakukan USG 2minggu lagi ya.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kehamilantrimester pertama kehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil