29 Sep 2021, 12:10Kandungan

Berhubungan intim lalu telat haid, apakah saya hamil ?

NH
Info Penanya: NH0
Dok saya berhubungan dengan pasangan saya setelah haid, dan udah 1 bulan belum haid lagi, telat 3 hari. Dan sebelumnya saya belum pernah telat haid,. Kenapa ya dok ??
65 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, N.Telat haid dapat membuat resah terutama bagi pasangan yang memang belum ingin mempunyai keturunan atau lupa menggunakan KB saat berhubungan sehingga kemungkinan kehamilan dapat terjadi. 

Berhubungan intim lalu telat datang bulan, apakah saya hamil ?

Anda berhubungan intim dengan pasangan setelah haid. Saat ini Anda belum haid lagi, telat 3 hari dari jadwal haid seharusnya. Sebelumnya Anda haid teratur dan tidak pernah telat haid, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Kehamilan jika saat Anda berhubungan intim dengan pasangan tanpa menggunakan KB atau kondom bocor.
  • Siklus haid memanjang akibat ketidakseimbangan hormonal karena gaya hidup tidak sehat, BB berlebih, BB kurang, stress, penyakit PCOS, endometriosis, kista ovarium, mioma uteri, hipo atau hipertiroid.
Anda dapat melakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack sekitar 1 minggu pasca telat haid. Jika hasil test pack masih samar, maka lakukan test pack kembali 1 minggu kemudian. Hasil test pack yang tetap negatif setelah 2 kali pemeriksaan, berarti Anda memang tidak hamil.Jika memang belum ingin hamil, maka segera gunakan KB atau konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk memilih KB yang sesuai dan nyaman bagi Anda serta pasangan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil