10 Sep 2021, 22:09Kandungan

Haid tidak teratur, apakah karena riwayat trauma?

K2
Info Penanya: K20
Selamat malam sok,mau tanya saya udah telat nggak haid,pertama telat 3 bln ke dua kali ny saya telat haid telat 6 bln dok,itu semenjak saya pernah 2 kali terpeleset di tangga jdi telat haid selisih ny jauh, apa ad hubunganny dok dgn kejadian saya kepeleset di tangga dok??Mohon penjelasan dok
84 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,Haid merupakan luruhnya sel telur pada wanita yang tidak dibuahi bersamaan dengan luruhnya lapisan dinding rahim. Siklus Haid pada wanita umumnya adalah 21-35 hari sekali dengan lama haid 4-10 hari dan biasanya didahului oleh PMS (premenstrual syndrome). Dikatakan terlambat haid jika Anda mengalami haid yang mundur beberapa hari namun tidak selalu terjadi. Namun jika keluhan Anda adalah lebih sering tidak haid dari pada haid teratur, artinya Anda memiliki gangguan haid tidak teratur.

Penyebab gangguan haid

Haid tidak teratur dapat disebabkan karena beberapa faktor antara lain:
  • Stress
  • Kelelahan berlebihan
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan organ reproduksi
  • Penggunaan kb hormonal
Apabila keluhan ini sudah terjadi lebih dari 2 bulan maka sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah karena trauma terpeleset sebelumnya, Anda mengalami cedera pada organ yang mengakibatkan haid terganggu atau jika tidak ditemukan kelainan apapun, gangguan bisa disebabkan oleh hormon dan diperlukan terapi hormon agar haid dapat lebih teratur. Semakin cepat keluhan ini di periksakan tentu akan semakin cepat dapat diatasi.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan kandungansiklus haidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil