09 Sep 2021, 16:48Kandungan

Penyebab telat haid hingga 24 hari, apakah kehamilan ?

Q
Info Penanya: Q0
Dok bulan kemarin saya haid 18 hari, dan sekarang telat udah 24 hari? Apkah itu normal, dan perut saya ada sesak kalau duduk, pertanda apakah itu dok?
94 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Q.Telat haid yang dialami wanita setelah melakukan hubungan intim maka besar kemungkinan terjadi kehamilan terutama wanita tidak menggunakan KB apapun, berhubungan tanpa menggunakan kondom.

Apa yang menyebabkan telat haid hingga 24 hari ?

Anda yang bulan kemarin haid 18 hari, saat ini telat haid hingga 24 hari, ini merupakan durasi dan siklus haid yang tidak normal. Normalnya wanita akan mengalami haid selama 3 hingga 7 hari setiap 28 hari sekali (siklsu haid normal 21-35 hari). Jika Anda melakukan hubungan intim sebelumnya, maka telat haid bisa merupakan pertanda bahwa Anda sedang hamil. Jadi Anda dapat melakukan pemeriksaan urin dengan test pack. Namun jika Anda tidak melakukan hubungan intim, durasi haid lama dan telat haid yang Anda alami dikarenakan gangguan hormonal yang dipicu beberapa faktor berikut :
  • PCOS.
  • Gangguan hormon tiroid.
  • Obesitas atau malnutrisi.
  • Endometriosis.
  • Mioma uteri.
  • Kista ovarium.
  • Tumor pituitari.
Agar haid menjadi lebih teratur dengan durasi dan siklus yang normal, Anda perlu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan rutin melakukan olahraga, menjaga berat badan, makan makanan sehat dan bergizi, istirahat cukup, tidak stress. Konsultasi ke dokter spesialis kandungan saat haid tetap tidak teratur.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil