28 Aug 2021, 18:51Kandungan

Telat haid setelah ciuman, apakah hamil?

IN
Info Penanya: IN0
Dok saya mau tanya saya abis melahirkan anak saya baru 3bln...bulan lalu tanggal 24 saya haid tapi haid nya ga normal sampai 10hari,di bulan sekarang sudah tanggal 28 saya blm datang haid juga...tapi sya belum sama seklali berhubungan intim sama suami karna saya belum kb jadi takut untuk berhubungan...paling sekedar ciuman saja...apakah saya hamil dok?
207 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang IN,Ciuman tidak menyebabkan kehamilan. Kecuali, jika Anda berciuman sambil memegang atau menggesek-gesekkan penis ke vagina, dan memicu masuknya sperma ke dalam vagina tanpa penetrasi, barulah itu bisa hamil. Tapi, kalau benar-benar hanya ciuman saja, maka tidak akan hamil ya.Jadi, jika Anda tidak hamil namun terlambat haid, maka kemungkinan memang hormon Anda yang belum seimbang pasca melahirkan. Umumnya, setelah bersalin, haid akan kembali normal sekitar 6-24 bulan (bervariasi pada tiap-tiap wanita). Spesifik kepada kondisi Anda, berikut penjelasan waktunya ya:
  • tiga bulan yang lalu, atau sekitar 29 Mei, Anda melahirkan
  • masa nifas biasanya berlangsung 6-8 minggu (sampai 10-24 Juni)
  • setelah nifas, barulah hormon perlahan-lahan akan kembali seimbang dan mulai haid kembali
  • jika Anda haid lagi tanggal 24 Juli (sekitar sebulan setelah nifas), hal tersebut sangat normal
  • lalu, jika setelah haid ada keterlambatan, berarti memang hormonnya belum seimbang
Jika Anda masih ragu hamil atau tidaknya, Anda boleh-boleh saja melakukan testpack. Atau, coba konsultasikan keluhan kepada dokter kandungan sekaligus meminta saran atau melakukan pemasangan kontrasepsi ya.Upayakan juga untuk melakukan pola hidup sehat agar hormon lebih cepat seimbang; seperti makan bergizi seimbang, minum air putih cukup, dan tidur 7-9 jam di malam hari. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamilhaidtes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil