08 Aug 2021, 15:11Kandungan

Terlambat haid, apa saja penyebabnya?

DP
Info Penanya: DP0
Dok, saya mengalami kterlambatan haid seharusnya akhir bln juli namun sampai saat ini blum haid jga. Saya memang ada riwayat melakukan hbngn seksual sma pasangan saya, namun saya tdk mengalami gejala hamil seperti mual serng buang air kcl dll. Hanya saja saya mengalami keputihan yg bening serta cair terasa basah, dan payudara saya sempet mengencang namun skrng sudh biasa tapi msh sakit. Sblmnya sya smpet stres. Kera2 knp y sya telat?
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, DTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid bisa terjadi karena beberapa penyabab, salah satunya karena hamil apabila ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya. Untuk tahu apakah Anda hamil atau tidak, perlu dipastikan dengan tanda pasti kehamilan, yaitu hasil positif dari test pack, hasil pemeriksaan dengan doker dan hasil dari USG kandungan.

Selain hami, terlambat haid pada wanita bisa dikarenakan oleh kondisi di bawah ini:

  • Kelelahan fisik
  • Efek dari pemakaian alat kontrasepsi
  • Stres, cemas ataupun depresi
  • Ketidakseimbangan homon tubuh wanita
  • PCOS
  • Perubahan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab terlambat haid bisa karena kondisi-kondisi yang telah tersebutkan. Beberapa saran yang bisa dilakukan untuk mengatasi haid yang terlambat adalah dengan konsumsi makanan bergizi, atasi stres, hindari kelelahan, istirahat cukup, konsumsi sayur dan buah, olahraga ringan dengan rutin, jaga kebersihan area kemaluan, dan jaga berat badan Anda agar tetap ideal. Bila beberapa saran sudah dilakukan tetapi belum juga membaik, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil