26 Jul 2021, 11:36Kandungan

Terlambat haid, apakah penyebabnya?

AK
Info Penanya: AK, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya.. Mei tgl 14 haid juni tgl 18 haid dan sekarang juli Belum haid udah telat 8hari.. Dan cuman sekali melakukan hubungan tgl 1 juni.. Apa ada kemungkinan saya hamil dok.. Apa bisa hamil setelah ada nya haid dan ber hubungannya pun cuman pas sebelum haid
291 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid wanita adalah 21 hari sampai dengan 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid terakhir sampai hari pertama hadi kembali pada periode berikutnya. Hamil adalah salah satu penyebab terlambat haid, terlebih jika ada riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya. Namun, selain karena hamil, terlambat haid juga bisa terjadi karena pengaruh faktor lain.

Berikut adalah faktor yang bisa menyebabkan terlambat haid:

  • Hormon tubuh yang tidak seimbang
  • Stres
  • Kelelahan
  • PCOS
  • Masalah kesehatan organ reproduksi
  • Efek penggunaan KB
  • Ada perubahan berat badan secara mendadak
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab terlambat haid bisa karena kondisi di atas. Apabila Anda curiga akan terjadinya kehamilan, silakan melakukan tes kehamilan untuk lebih memastikan. Meskipun Anda berhubungan diluar masa subur, tetap ada kemungkinan kecil untuk terjadi kehamilan terutama jika dilakukan ejakulasi pria di dalam vagina. Lakukan olahraga ringan dengan rutin, lakukan istirahat cukup, atasi stres, jaga berat badan tetap ideal, makan makanan bergizi agar tubuh tetap sehat. Lakukan konsultasikan diri Anda ke dokter spesialis kandungan jika keluhan belum membaik.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil