24 May 2021, 19:48Kandungan

Telat haid dan flek, apakah hamil?

IY
Info Penanya: IY0
Dok saya hubungan Intim dalam waku calon istri saya telat haid 1 minggu itu pun 1 kali sebelume belum pernah berhubungan intim seminggu kemudian ngeflek pertanyaanya apakah bisa hamil di waktu telat haid 1 minggu sebelume belum pernah berhubungan intim ?
44 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo I,Haid terjadi karena peluruhan dari jaringan dinding rahim karena sel telur yang sudah dilepaskan tidak terbuahi oleh sperma. Namun jika terjadi pembuahan, maka tidak akan terjadi haid yang tanda awalnya akan terjadi terlambat haid.  Siklus haid normal adalah 21-35 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir sehingga jika siklus sudah lebih dari 35 hari maka dikatakan terlambat.

Penyebab terlambat haid

Sebenarnya ada beberapa penyebab dari terlambat haid yaitu
  • Perubahan berat badna yang terlalu cepat
  • Stres
  • Penggunaan KB hormon
  • Kehamilan
  • Gangguan hormon tiroid
  • Gangguan PCOS
  • Pubertas atau menopause.
Bila sebelumnya riwayat hubungan intim maka pastikan dulu apakah ada kehamilan atau tidak dengan melakukan testpack. Jika terjadi keterlambatan haid namun testpack negatif, baru dapat dipikirkan kemungkinan lain dari terlambat haid tersebut.Flek darah juga dapat terjadi karena tanda pre-menstrual sindrom (PMS), flek kehamilan, peradangan di vagina, serta gangguan pada rahim. Jika flek semakin hari semakin banyak artinya sudah terjadi mens, namun jika flek berhenti dan tes pack positif lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kehamilantes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil