19 May 2021, 16:00Kandungan

Timbul flek coklat dan telat haid pasca dikuret, apakah terjadi kehamilan ?

AC
Info Penanya: AC0
Dok melanjut pertanyaan sebelum nya ,yg sya 11 maret dkuret trs 11 april haid ,dan mei sampe skrg belum haid . tapi hari ini keluar flek coklat dikit bgt .itu gmn dok ? lalu saya jadwal KB suntik kan tgl 20/05 ,utk haid yg blm jelas gini apa bsk sya KB atau menunda nya dok ?
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Pasca keguguran dan dilakukan kuratase, wanita dapat mengalami gangguan hormon berupa haid tidak lancar, haid kadang ada kadang tidak, haid dalam jumlah sedikit. Hormon yang kembali stabil akan membuat siklus haid normal pula.

Apa yang menyebabkan haid tidak teratur pasca kuret ?

Kuret dapat dilakukan saat wanita mengalami keguguran, endometriosis, perdarahan yang banyak setelah melahirkan, sebelum menopause atau karena mioma uteri. Saat perdarahan, hormon wanita tidak stabil, sehingga pasca kuret haid juga tidak lancar.Keluhan flek coklat yang Anda alami dapat disebabkan oleh jumlah haid yang sedikit, gangguan hormon pasca kuret, BB tidak ideal, terlalu stress dan kelelahan, infeksi pada rahim, serviks dan vagina, atau pasca berhubungan seksual.Selain itu, flek coklat juga dapat merupakan tanda kehamilan jika setelah kuret Anda sempat berhubungan seksual tanpa KB. Sebaiknya Anda memastikan kehamilan menggunakan test pack. Namun jika hasil negatif setelah pemeriksaan sebanyak 2 kali, segera KB.Pilih KB yang tidak menganggu haid seperti IUD, ataupun KB kombinasi hormon. Konsultasi ke dokter kandungan untuk pemilihan KB yang tepat dan pemeriksaan lebih lanjut terkait keluhan Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapari.
siklus haidkegugurangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil