16 May 2021, 16:28Kandungan

Terlambat haid, apakah faktor psikologis bisa beperngaruh?

E
Info Penanya: E, Wanita, 19 Tahun
Sore dok, saya berumur hampir 20th. Terakhir saya haid adalah bulan maret lalu. April kemarin-sekarang saya belum haid dan siklus haid saya biasanya 30-35 hari. Memang bulan april kemarin pola hidup saya aga jelek yaitu begadang, jarang makan, dan banyak pikiran. Saya juga tidak pernah berhubungan intim dengan pacar, biasanya hanya sekadar menggunakan jarinya. saya takut kalau hamil dok, apakah pikiran saya hamil juga bisa mempengaruhi terlambat haid? terima kasih,mohon pencerahannya sy panik
153 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ETerima kasih ataer pertanyaan AndaTerlambat haid bisa terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi siklus haid wanita Secara ideal, siklus haid wanita adalah 21 hari sampai dengan 35 hari. Faktor yang berpengaruh bersar terhadap siklus haid adalah faktor kesehatan reproduksi wanita dan juga faktor hormon tubuh.

Berikut ini adalah penyebab yang bisa berpengaruh pada siklus haid wanita adalah:

  • Faktor psikologis seseorang seperti cemas, stres, depresi
  • Obesitas atau terjadi perubahan berat badan mendadak
  • Ketidak seimbangan hormon
  • PCOS
  • Efek samping dari alat kontrasepsi
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab dari terlambat haid bisa karena faktor yang sudah disampakan di atas. Bila ada riwayat gaya hidup tidak sehat serta terjadi kecemasan, maka bisa berpengaruh terhadap siklus haid Anda. Sedangkan terkait dengan kehamilan, jika tidak ada sperma yang masuk ke dalam vagina, maka tidak menyebabkan kehamilan. Supaya siklus haid Anda lancar, usahakan untuk mengatasi stres, hindari kecemasan berlebih, konsumsi makanan yang bergizi, minum air putih cukup, perbaiki jam tidur Anda, berolahraga ringan dengan rutin, dan jaga kebersihan area kemaluan. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai bila keluhan ini belum membaik.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil