15 May 2021, 10:42Kandungan

Terlambat haid setelah berhubungan seks

BA
Info Penanya: BA0
Dok tgl 2 mei 2021 kemarin saya berhubungan intim dengan pacar saya, akan tetapi hingga saat ini tidak kunjung haid (jadwal haid pacar saya awal bulan), padahal saya berhubungan h-3 sebelum jadwal haidnya yang mana waktu tidak subur dan saya menggunakan kondom dan saya pastikan aman, apakah mungkin pacar saya hamil?
218 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, BTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid setelah berhubungan seksual bisa terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya adalah kehamilan. Peluang terjadinya kehamilan semakin besar saat melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi pria dilakukan di dalam vagina, tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan dilakukan saat wanita sedang dalam masa suburnya. Untuk itu, jika ada riwayat berhubungan seksual, sebaiknya lakukanlah tes kehamilan untuk memastikan apakah terlambat haid terjadi karena hamil atau karena pengaruh faktor lain.

Selain hamil, kondisi yang bisa menyebabkan wanita terlambat haid adalah:

  • Ketidak seimbangan hormon tubuh
  • PCOS
  • Stres
  • Kelelahan fisik
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Efek pemakaian KB
  • Penyakit pada organ reproduksi
Normalnya wanita akan mempunyai siklus haid sekitar 21 - 35 hari. Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, bila saat berhubungan seksual menggunakan kondom dengan cara yang benar dan dipastikan tidak ada sperma yang berhasil masuk ke vagina, maka tidak menyebabkan kehamilan. Tetapi jika ragu-ragu, Anda bisa melakukan tes kehamilan untuk memastikan. Bila hasilnya negatif, terlambat haid bisa terjadi karena kondisi yang sudah disampaikan di atas.Usahakan Anda tetap konsumsi makanan yang bergizi, menjaga kebersihan area organ intim, jaga berat badan Anda tetap ideal, atasi stres dan hindari kecemasan, lakukan olahraga ringan serta lakukan istirahat cukup agar siklus haid kembali lancar. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan apabila siklus haid masih belum lancar.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekshaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil