05 May 2021, 04:03Kandungan

Apa yang menyebabkan telat menstruasi disertai nyeri perut bawah ? 

FA
Info Penanya: FA0
Saya mau tanya dok. Teman saya telat haid dan merasa sering sakit perut bagian bawah dan pusing. tgl 15 april seharusnya dia haid tetapi sampe sekarang belum kunjung haid. Tetapi tidak ada tanda tanda yg menandakan dia hamil. Teman saya sering berhubungan sex tetapi tidak dikeluarkan di dalam vagina. Apakah gejala diatas menandakan hanya telat haid apakah dia hamil.?
337 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, F.Telat haid adalah keluhan umum yang terjadi pada wanita. Wanita hamil dapat ditandai dengan telat datang bulan. Namun belum tentu semua penyebab telat haid pasti karena sebuah kehamilan. Selain telat datang bulan, ibu hamil akan merasakan tanda dan gejala lainnya seperti morning sickness. Namun pada beberapa wanita hamil tidak merasakan gejala sama sekali. Sehingga untuk memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak, dengan pemeriksaan test pack.

Apa yang menyebabkan telat haid disertai nyeri perut bawah ? 

Keluhan telat haid disertai nyeri perut bawah yang teman Anda alami dimana sebelumya sering berhubungan seksual tetapi tidak dikeluarkan di dalam vagina dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Kehamilan. Cara yang paling mudah dan murah untuk mendeteksi kehamilan adalah dengan pemeriksaan urin menggunakan test pack. Hasil pemeirksaan test pack bisa negatif karena jumlah hormon kehamilan yang ada belum terlalu tinggi, sehingga perlu Anda ulang 1 minggu kemudian.
  • Tanda akan datangnya periode menstruasi atau disebut dengan gejala PMS.
  • Gangguan hormon saat teman Anda memiliki berat badan tidak ideal, sedang stress, kelelahan, sering konsumsi makanan tidak sehat, jarang olahraga.
  • Gangguan ovulasi saat ada sumbatan di saluran tuba maupun kondisi sel telur abnormal (PCOS).
Jika teman Anda tidak kunjung datang bulan setelah 2 kali pemeriksaan test pack, lakukan USG di dokter spesialis kandungan. Hindari hubungan seksual saat belum menikah, atau gunakan KB jika tidak ingin punya momongan.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilangangguan menstruasicara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil