03 May 2021, 22:07Kandungan

Haid tidak teratur disebabkan apa?

EW
Info Penanya: EW0
dok saya dari dulu ur 15 th suka telat haid bahkan smpai 1 bulan dulu waktu saya masi smp dan sma .dan skrg umur sya 23 th. sya msi sama suka telat haid bhkan hampir 2 bulan lebih. apa yang harus sya lakukan dok. ingin periksa. itu masuknya ke doketer spsial kandungan kah?
324 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Haid yang tidak pernah teratur, dapat terjadi karena penyakit ketidakseimbangan hormon yaitu kadar hormon androgen yang berlebihan dalam tubuh Anda sehingga menganggu siklus haid. Keluhan ini sering disebut dengan Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS. Pada wanita yang memiliki gangguan ini, umumnya mengeluarkan sel telur terganggu dan pada indung telur dapat terdapat kantung-kantung berisi cairan yang disebut juga kista.

Gejala PCOS

Beberapa gejala dari ganggun PCOS yang dapat terjadi antara lain siklus menstruasi tidak teratur, rambut yang berlebihan pada wajah, dada, dan perut, rambut mudah rontok, dan kulit berjerawat. Pada umumnya wanita yang memiliki berat badan berlebih akan cenderung mengalami keluhan ini sehingga cara terbaik dan termudah untuk mengatasi keluhan PCOS adalah dengan rutin melakukan olahraga agar keluhan semakin berkurang seiring dengan penurunan berat badan.Untuk memastikan gangguan PCOS, dokter perlu melakukan pemeriksaan lab darag dan USG. Maka dari itu sebaiknya, periksalah ke dokter speslalis kandungan terdekat untuk dapat mengetahui diagnosa pasti dari keluhan Anda. Orang dengan haid tidak teratur akan sulit untuk melakukan program kehamilan karena tidak dapat menghitung masa suburnya maka dari itu akan jauh lebih baik untuk melakukan pemeriksaan dini.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidgangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil