03 May 2021, 15:39Kandungan

Belum hamil setelah 5 tahun menikah

JS
Info Penanya: JS0
Selamat sore dok. Saya mau tanya,saya sudah 5 thn menikah tpi belum punya anak,namun bln ini saya belum haid sudah telat seminggu,,tpi saya melakukan masturbasi sendiri ,apakah saya ada tanda2 mau hamil dok.dan apakah itu berbahaya atau bisa gugur jika sudah hamil .
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang JSTerkait terlambat haid tidak hanya karena kehamilan penyebabnya karena bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut seperti stres, kelelahan, obesitas, gangguan tiroid atau organ reproduksi. Anda bisa menggunakan test pack untuk mengetahui adatidaknya kehamilan bila sudah terlambat haid lebih dari seminggu dari jadwal. Bila didapatkan hasil positif maka anda dinyatakan hamil, namun bila negatif artinya haid terlambat disebabkan faktor lainnya selain kehamilan. 

Masturbasi Saat Hamil

Menurut beberapa sumber pada saat kehamilan bisa terjadi kenaikan libido atau hasrat berhubungan seksual. Tapi libido juga bisa meningkat pada saat masa subur maupun menjelang haid. Jika terlalu sering masturbasi atau melakukannya berlebihan saat hamil, ditambah dengan terdapat resiko tinggi pada kehamilan, tentunya dapat memicu keguguran atau kelahiran prematur. Tetapi melakukan masturbasi saat kehamilan diperbolehkan selama tidak berlebihan dan tidak ada resiko tinggi pada kehamilan.

Belum Hamil Setelah 5 Tahun Menikah Bisa Jadi Infertilitas

Apabila sudah 5 tahun menikah dan sudah mencoba program kehamilan mandiri namun belum dikaruniai anak, ini disebut dengan infertilitas primer. Tentunya perlu dicari penyebabnya apakah berasal dari kelainan pada organ reproduksi wanita atau pria. Sehingga anda dan suami perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan bersama-sama guna memeriksakan kesehatan organ reproduksi dan analisa sperma. Dokter akan membantu anda mencari penyebab infertilitas ini dan diberikan penanganan agar anda dapat hamil. 

Meningkatkan Kesehatan Organ Reproduksi

Sementara itu anda dan suami bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kesehatan reproduksi guna mendukung program kehamilan. Hal-hal tersebut berupa:
  • Tidak merokok dan minum alkohol
  • Mencapai ebrat badan ideal dan berolharaga rutin
  • Makan bergizi, terutama buah, sayur dan protein
  • Menambahkan suplemen asam folat dan vitamin D3
  • Istirahat cukup dan tidak bergadang
  • Mencatat siklus haid dan menghitung masa subur
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kehamilanmasalah infertilitasmasalah reproduksi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil