logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Kandungan

Telat haid gejala apa?

21 Apr 2021, 09:30

AP

Info Penanya: AP

Dok,Telat haid sudah dua Minggu apakah gejalanya. Karna sebelumnya hubungan intim dengan kondom dan tanda" hamil juga tidak ada

Dilihat 795

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Vina Liliana

Selamat sore AP,

Telat haid seringkali dianggap sebagai gejala awal kehamilan. Hal tersebut memang benar namun tidak sepenuhnya benar. Bila Anda sebelumnya berhubungan seksual maka tentu saja ada kemungkinan penyebab Anda terlambat haid Anda adalah suatu kehamilan. Namun bila Anda berhubungan seksual menggunakan kondom dan Anda bisa memastikan kondomnya tidak bocor maka tentu saja Anda tidak sedang hamil.

Penyebab terlambat haid paska berhubungan seksual:

  • Ketakutan akan kehamilan. Hal ini sering terjadi pada remaja atau pasangan yang belum menikah namun sudah berhubungan seksual karena tidak bisa menahan napsu seksualnya. Adanya rasa ketakutan ini akan menyebabkan gangguan siklus haid dan menjadi tidak haid sehingga menunjang tanda-tanda kehamilan. Karena bila Anda berhubungan seksual menggunakan kondom maka bisa diartikan Anda tidak siap hamil.
  • Faktor kelelahan.

Selain itu adanya perubahan berat badan misal sedang diet ketat atau sering bergadang juga turut berperan terhadap terlambatnya siklus haid. Karena ada riwayat berhubungan seksual meski sudah menggunakan kondom maka Anda tetap perlu melakukan tes pack bila sudah 2 minggu terlambat haid. Bila hasilnya negatif maka artinya Anda sedang tidak hamil. Namun bila hasilnya positif maka Anda perlu mengonsumsi asam folat untuk menunjang pertumbuhan janin Anda. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan hasilnya.

Salam sehat,

dr. Vina

hamilgangguan menstruasitest pack

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved