19 Mar 2021, 13:26Kandungan

Telat haid apa pasti hamil?

AI
Info Penanya: AI, Wanita0
Dok mau tanya, saya telat haid 4 hari dihari ke3 kemarin saya test hasilnya positif tp tidak ada keluhan apapun hanya sedikit lelah, apa bisa dikatakan hamil?
138 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore AI,Kehamilan ditandai dengan terlambat haid namun terlambat haid bukan berarti pasti hamil. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan tes pack untuk memastikannya bila Anda terlambat haid dan ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya.Bila hasil tes packnya 2 garis warnanya sama maka bisa dikatakan Anda hamil. Namun bila hasilnya 2 garis namun salah satu garisnya ada yang samar, maka belum pasti Anda hamil. Bisa saja Anda hamil tapi hormon kehamilannya belum banyak sehingga masih samar. Atau Anda tidak hamil tetapi muncul garis samar akibat urin yang menguap.Wanita hamil tidak selalu harus bergejala mual, muntah, lemas, pusing, nyeri pingga, dll. Bisa saja terjadi kehamilan tanpa gejala apapun. Sehingga Anda hanya perlu berpatokan pada hasil tes pack dan USG saja untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak.

Yang perlu Anda lakukan karena hasilnya positif adalah:

  • Minum asam folat setiap hari.
  • Banyak berbaring istirahat dulu karena hamil muda tentunya rawan keguguran.
  • Jangan berhubungan seksual selama trimester pertama atau gunakan kondom ketika ingin berhubungan seksual. Karena sperma bisa menyebabkan rahim kontraksi.
  • Banyak minum air putih.
Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan Anda.Salam sehat,dr. Vina
menjaga kehamilanhubungan seksualasam folat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil