17 Mar 2021, 10:08Kandungan

Telat haid dan keputihan putih susu apakah hamil?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya sudah 10 hari telat haid,perut terasa kram sakit,pusing mudah lelah,keluar keputihan pertma keluar keputihan putih susu dan kedua seperti putih telur ,saya liat itu ciri&ciri hamil itu gimana dok kan saya belum pernah berhubungan intim
383 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang JNTerlambat haid melewati 35 hari sejak hari pertama haid terakhir seringkali dijadikan tanda suatu kehamilan. Namun terlambat haid tidak hanya dikarenakan kehamilan.

Faktor Penyebab Telat Haid Selain Kehamilan

Apabila anda belum pernah berhubungan maka terlambat haid pada kondisi anda bisa disebabkan berbagai faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut meliputi:

Tanda Kehamilan Yang Mirip Dengan PMS

Menjelang haid akan dirasakan berbagai gejala PMS (Premenstrual syndrome) seperti sulit tidur, perut kembung, lemas, mual, kram atau ngilu pada perut bawah dan pinggul. Gejala PMS ini juga sering disalahartikan sebagai tanda-tanda kehamilan.

Keputihan Yang Normal 

Keputihan yang timbul merupakan hal yang normal menjelang haid atau saat masa subur dan kehamilan berupa lendir seperti putih telur atau kadang kala berwarna putih susu dan tidak berbau. Namun bila keputihan berwarna dan berbau disertai gatal atau kemerahan bisa menjadi tanda dari infeksi. Infeksi pada vagina ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur yang didapat dari infeksi menular seksual atau kebersihan yang tidak terjaga.Anda bisa mengalami kondisi-kondisi tersebut secara bersamaan. Maka itu apabila anda tidak kunjung haid selama 3 bulan berturut-turut atau keputihan berwarna dan berbau maka periksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk diberikan penanganan yang tepat.Sementara itu jagalah organ intim tetap bersih dan kering, tidak menggunakan sabun kewanitaan. Terapkan pola hidup sehat untuk menjaga keseimbangan hormon dan kesehatan organ reproduksi dengan perbanyak konsumsi air putih, sayur, buah dan protein, istirahat ckup dan olahraga rutin 3x seminggu.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany 
siklus haidinfeksi menular seksualgangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil