27 Feb 2021, 07:04Kandungan

Telat haid akibat apa?

PN
Info Penanya: PN0
Dok saya ingin bertanya saya terakhir datang bulan Desember akhir terus sampai sekarang blm datang bulan saya berhubungan dengan suami saya hanya suami saya menggunakan jarinya dan memggesek2kan barang dia kekemalun saya tapi tidak mengeluarkan di dalam Dok, apakah saya hamil dok
346 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, PTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal siklus haid wanita adalah 21 hari - 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid kembali pada periode haid berikutnya. Setelah melakukan hubungan seksual dan terjadi terlambat haid, salah satunya bisa dikarenakan adanya kehamilan. Tetapi, perlu dipastikan saat seks dilakukan ejakulasi di dalam vagina agar bisa terjadi kehamilan.

Selain karena hamil, terlambat haid bisa disebabkan oleh:

  • Stres
  • Kelelahan
  • Adanya berat badan yang tidak ideal
  • Ketidak seimbangan hormon pada tubuh, penyakit tirpid, PCOS
  • Efek samping dari KB
  • Masaah kesehatan organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, bila saat melakukan seks dengan pasangan Anda tidak melakukan ejakulasi di dalam vagina dan dipastikan tidak ada sperma yang masuk ke dalam vagina, maka tidak menyebabkan kehamilan. Tetapi bila Anda ingin memastikannya, lakukanlah tes kehamilan. Terlambat haid bisa terjadi karena kondisi yang sudah tersempaikan di atas.Lakukan olahraga rutin, jaga kebersihan area kemaluan, jaga berat badan tetap ideal, makan makanan bergizi, konsumsi sayur dan buah, atasi stres agar siklus haid kembali lancar. Bila keluhan belum membaik, lakukan konsultasi ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidsiklus haidhaidhaidmenstruasimenstruasigangguan menstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil