26 Feb 2021, 09:36Kandungan

Sudah berapa hari saya terlambat haid?

BI
Info Penanya: BI0
Dok saya mau bertanya karena saya masih belum paham menghitung telat haid , saya menstruasi terakhir tanggal 20 Januari 2021 sampai hari ini tanggal 26 Februari 2021 saya belum mens lagi , saya mau tanya dok berapa hari jadinya saya sudah telat dok???
1338 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, B.Haid adalah keluarnya darah dari liang vagina yang biasanya terjadi selama 3-7 hari. Darah ini berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak ada proses pembuahan. Biasanya, haid akan berulang secara teratur setiap 21-35 hari, bervariasi pada tiap-tiap wanita. Namun, siklus haid mayoritas wanita adalah 28 hari.Mengenai pertanyaan Anda, sayangnya Anda tidak menyebutkan berapa lama siklus haid Anda. Karena, jawaban pertanyaan tersebut dapat berbeda tergantung siklusnya. Tapi, dengan asumsi siklus Anda sama seperti mayoritas wanita (28 hari), apabila haid terakhir Anda adalah tanggal 20 Januari, maka hari ini (27 Februari) Anda sudah mengalami keterlambatan selama 10 hari. Perlu diingat bahwa angka tersebut dapat berubah, ya. Misalnya, apabila siklus Anda adalah 31 hari, maka terlambatnya adalah 7 hari. Tapi, apabila siklus 35 hari, maka terlambatnya menjadi 2 hari.

Penyebab Terlambat Haid

Terlepas dari berapa hari Anda terlambat haid, yang perlu dipikirkan juga adalah apa penyebab keterlambatan ini. Biasanya, ada hormon tubuh yang tidak seimbang dan menyebabkan haid menjadi tidak teratur. Beberapa kondisi yang dapat memicunya adalah:
  • kelelahan fisik
  • gangguan kecemasan atau psikologis lainnya
  • penggunaan kontrasepsi
  • konsumsi jenis obat tertentu
  • gangguan tiroid
  • penyakit rahim tertentu
  • kehamilan
Apabila Anda pernah melakukan aktivitas seksual sebelum keterlambatan ini, coba lakukan testpack ya. Apabila tidak pernah berhubungan seksual, maka Anda dapat mencoba menunggu haid datang sambil melakukan pola hidup sehat agar hormon seimbang. Periksakan ke dokter kandungan apabila haid tidak datang selama tiga bulan berturut-turut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil