11 Feb 2021, 18:15Kandungan

Hasil testpack negatif, padahal dikatakan sedang pembuahan

AK
Info Penanya: AK0
maaf dok mau tnya sya kan haid ny terakhir ny tanggal 28 12 2020 smpai sekrang sy belom haid smoai skrng jdi di awal bulan februari sya periksa ke dokter kata dokter ny sya lg di masa pembuahan jdi saran dokter ny sya hrus melakukan tespack ny stlah 2 mnggu jdi kmren sy tespek ulang hasil ny masih negatif jdi gmn yak dok ??
409 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, AK.Testpack adalah alat uji kehamilan mandiri yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidaknya hormon hCG dalam urine. Hormon hCG ini akan meningkat pada saat seorang wanita hamil, dan seiring berjalannya waktu akan semakin tinggi. Jadi, apabila testpack dilakukan terlalu dini, bisa saja hasilnya akan negatif palsu, karena hormon hCG-nya belum cukup banyak untuk terdeteksi.Apabila Anda terakhir haid tanggal 28 Desember 2020, maka haid selanjutnya dapat bervariasi dan tergantung dari siklus haid Anda. Dengan asumsi siklus haid Anda dalam rentang normal (yaitu 21-35 hari) maka diperkirakan haid selanjutnya akan datang tanggal sekitar 18 Januari - 2 Februari 2021. Mengambil tanggal yang paling lama, apabila Anda tidak haid sampai tanggal tersebut, maka boleh saja menduga adanya kehamilan. Nah, testpack dianjurkan untuk dilakukan 7-14 hari setelah keterlambatan. Jadi, disarankan agar Anda mencoba melakukan pemeriksaan ulang tanggal 16 Februari 2021.

Penyebab Terlambat Haid

Apabila hasilnya masih negatif, maka coba konsultasikan kembali ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan USG konfirmasi. Bisa saja keterlambatan haid Anda disebabkan oleh faktor lain, seperti:
  • kelelahan fisik
  • gangguan kecemasan
  • gaya hidup yang tidak sehat
  • gangguan tiroid
  • penyakit rahim seperti kista
Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebabnya, kemudian memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tes kehamilantest packcara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil