08 Feb 2021, 09:44Kandungan

Berhenti dari pil KB, haid tidak lancar kenapa?

YY
Info Penanya: YY0
Assalammualaikum dok.. saya mau nanya nih.. sebelumnya saya pkai kb pil dan haid slama ini lancar. Setelah haid terakhir saya tdk mkn lagi obat nya dan bulan tu pun saya tdk haid dok.. dan sdah telat 2 minggu tpi dicoba pkai testpack hasil nya negatif kira2 gimana ya solusi nya agar sya tdk kpikiran.. trimakasih dok.
334 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, YTerima kasih atas pertanyaan AndaPil KB adalah salah satu jenis alat konrasepsi hormonal yang dikonsumsi setiap hari secara tuin dan membutuhkan tingkat kedisiplinan atau kepatuhan yang tinggi. Hal ini dikarnakan apabila lupa atau tidak mengonsumsi pil KB maka kefektivitas dari penggunaan pil KB ini akan menurun. Karena merupakan salah satu alat kontrsepsi hormonal maka penggunaan pil KB ini bisa mempengaruhi hormon tubuh wanita. Padahal hormon pada tubuh wanita mempunyai peranan penting dalam proses siklus haid.

Selain karena penggunaan KB, berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi siklus haid wanita:

  • Stres 
  • Aktivitas fisik yang berlebihan dan menyebabkan kelelahan
  • Ketidakseimbangan hormon-hormon tubuh
  • Adany apenyakit lain seperti PCOS, tiroid atau kondisi medis lainya
  • Masalah kesehatan para organ reproduksi wanita
  • Berat badan tidak ideal
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab haid tidak lancar bsisa karena tubh sedang melakukan penyesuaian setelah berhenti dari penggunaan pil KB, atau bisa juga karena pengaruh beberapa faktor yang sudah disampaikan di atas. Bila sudah melakukan tes pack hasilnya negatif, lakukan test pack ulang dengan jeda 7 hari kemudian untuk lebih memastikan.Tetap jaga kesehatan dan kebersiahn vagina, hindari stres dan kelelahan, konsumsi makanan bergizi, konsumsi buah dan sayur, pastikan berat badan Anda tetap ideal, lakukan istirahat cukup dan olahraga rutin agar haid kembali lancar. Bila keluhan ini belum membaik, periksa kembali ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil