05 Feb 2021, 18:37Kandungan

Telat haid apa solusinya?

JD
Info Penanya: JD0
Dok Saya berhubungan badan tanggal 4 Desember ,trus saya tlat haid ,haidnya tanggal 27 Desember seharunya saya haid tanggal 9 Desember itu pun cuma 3hari haidnya ,skrang saya tlat haid lgi Ampe sekarang belum haid ,itu gmna solusi nya mbak
474 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi JD,Berhubungan seksual di masa subur tentunya akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan, namun bukan berarti pasti akan hamil. Sama halnya dengan terlambat haid bahwa kehamilan pasti ditandai oleh terlambat haid, namun terlambat haid tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Banyak faktor lain yang menyebabkan wanita terlambat siklus haidnya.

Penyebab haid terlambat:

  • Kelelahan akibat banyaknya aktivitas.
  • Sedang banyak yang dipikirkan atau sedang ada masalah.
  • Perubahan berat badan. Hal ini sering terjadi bila wanita sedang menjalani diet ekstrim dengan pembatasan nutrisi secara berlebihan.
  • PCOS.
  • Efek samping KB.
Bila Anda terakhir berhubungan seksual di tanggal 4 Desember kemudian di tanggal 27 Desember sudah haid, maka penyebab terlambat haid yang sekarang tentu bukan akibat kehamilan bila memang benar darah yang keluar di tanggal 27 Desember adalah darah haid. Namun bila darah yang keluar di tanggal 27 Desember hanya berupa flek-flek, sedikit saja maka sebaiknya Anda melakukan konfirmasi kehamilan menggunakan tes pack. Karena mungkin saja darah yang keluar di tanggal 27 Desember adalah darah implantasi.

Namun bila hasil tes packnya negatif, maka yang perlu Anda lakukan untuk melancarkan haidnya adalah:

  • Perbanyak asupan makanan bergizi baik sayur, buah serta protein.
  • Lakukan olahraga secara teratur.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Lakukan kegiatan yang menyenangkan agar tidak stres. Anda tidak perlu cemas berlebihan bila mengalami terlambat haid karena setiap wanita pasti pernah mengalami terlambat haid baik sudah menikah atau belum karena memang banyak faktor yang mempengaruhinya.
Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila nantinya dalam 3 bulan Anda tetap belum haid.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidgangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil